Tutorial Photoshop - Apa itu Photoshop? (Hari Ke-1)

Simak pembahasan lengkap mengenai Software Pengolah Grafis paling terkenal di dunia, Adobe Photoshop di sini.



Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader).

Adobe Photoshop disebut juga sebagai software bertipe Raster Graphics (Adobe Photoshop - Raster Graphics Software Editor). Raster Graphics adalah gambar digital yang terbentuk dari sekumpulan titik-titik yang tersusun, titik-titik tersebut disebut dengan pixel.

Sedangkan lawan dari Raster Graphics adalah Vector Graphics. Vector Graphics adalah gambar digital yang terbentuk dari bentuk garis, kurva, dan bidang, gambar terbentuk dari nilai-nilai suatu formulasi matematik. Untuk masalah Vector Graphics akan dibahas pada artikel berikut ini.

Photoshop tergabung dalam Adobe Creative Suite. Adobe Creative Suite atau Adobe CS adalah kumpulan software desain grafis, video editing, web development dan lainnya yang tergabung dan diakuisisi oleh Adobe System. Adobe Creative Suite hanya sampai versi 6, yaitu pada tahun 2012.

Pada Februari 2013, Adobe meluncurkan penawaran layanan terbarunya, yaitu Adobe Creative Cloud atau disebut Adobe CC.

Adobe Creative Cloud (CC) adalah layanan berlangganan yang mencakup lebih dari 30 tools dan layanan yang mendukung kreasi dan penyebaran konten kelas profesional dan melalui wahana cetak, web, aplikasi mobile, video dan fotografi.

Tools desktop Adobe, yang sebelumnya dikenal sebagai Creative Suite (CS), kini hadir dengan brand CC untuk menyatakan bahwa mereka merupakan bagian integral dari Creative Cloud dan telah diciptakan ulang untuk mendukung proses kreasi melalui koneksi internet yang lebih intuitif. Selain itu, Behance, komunitas kreatif online terkemuka di dunia, kini terintegrasi dengan Creative Cloud, sehingga para pelanggan dapat menampilkan karya, mendapatkan umpan balik mengenai proyek-proyek mereka dan proyek-proyek tersebut dilihat oleh orang-orang di seluruh dunia. - http://jlcodernate.blogspot.co.id/2013/06/adobe-creative-cloud-apakah-itu.html

Selain Adobe Photoshop, yang tergabung ke dalam Creative Cloud (CC) adalah InDesign CC, Illustrator CC, Dreamweaver CC dan Premiere Pro CC.



Untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. (wikipedia)

Adobe Photoshop CC - www.scoprinformatica.altervista.org/
 Tak hanya Photographers, Adobe Photoshop juga digunakan oleh Graphic dan Web Designer, Videographers, 3D Artist, dan para peminat manipulasi foto dan karya seni digital.


Photographers - www.nobackgroundimages.com
Photographers menggunakan photoshop untuk mengatur pencahayaan, kombinasi warna, cropping dan editing photo untuk membenarkan posisi foto, restoring dan retouching gambar, dan menggabungkan beberapa gambar menjadi satu.




Bagi Designer Website, Photoshop digunakan untuk membuat background dari website tersebut, memanipulasi teks untuk mempercantik header dan banner dari web, membuat tampilan web untuk mobile, dan mempergunakan spesial efek seperti blur dan lighting efek.

Web Designer - www.kodemaya.com
Videographer menggunakan photoshop menghilangkan objek yang tidak ingin terlihat pada video, memperbaiki video menggunakan healing tool, dan menciptakan frame by frame untuk pembuatan kartun dan spesial efek.

Videographers - www.missgo2girl.com
3D Artist atau lebih dikenal dengan sebutan Seniman 3 Dimensi menggunakan photoshop untuk keperluan menciptakan 3D objek untuk pembuatan judul, dan membuat 3D Environment untuk membuat gambar seolah-olah asli.

3D Artist - www.crossofthedutchman.com
Adobe Photoshop memiliki kemampuan untuk terintegrasi dengan Software Adobe lainnya. Misalkan saja, Adobe Indesign untuk keperluan printing dan publishing majalah. After Effect untuk mengkomposisi sebuah video.

Thomas Knoll - www.photoshopsoup2nuts.org
Sedikit kita bahas tentang sejarah, cikal bakal munculnya Photoshop adalah Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro. Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan" dengan cara ini.

Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.

Demikian pembahasan singkat mengenai Photoshop, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengumpulkan data tentang photoshop.

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment