Tutorial Photoshop - Membuat Dokumen Baru (Hari Ke-3)

Berjumpa lagi dalam rangkaian 21 Hari Belajar Photoshop. Pada Hari Ke-3, saatnya kita belajar cara membuat dokumen baru (Create a New Document). Pada pembahasan kali ini saya menggunakan Adobe Photoshop CS5, dan anda bisa menggunakan versi terbaru atau versi sebelumnya.



Pada judul postingan ini, anda akan membaca "Membuat Dokumen baru dengan Cara yang Berbeda" maksudnya ya agak berbeda pastinya, hehe.
Ok, langsung saja buka Photoshop di PC anda. Arahkan Mouse anda ke Menu File dan akan muncul tampilan seperti berikut ini :

File Menu > New

Dialog New Document
Anda bisa juga menggunakan Shortcut CTRL + N untuk membuat dokumen baru. Ok, hal pertama yang harus anda pikirkan adalah, file baru yang ingin anda buat ini untuk keperluan apa? untuk Print (dicetak dikertas), untuk website (layout web, background, thumbnail), keperluan Mobile & Device, atau bahkan untuk film dan video. So, hal tersebut harus anda tentukan pada awal pembuatan dokumen baru. Bisa kita katakan bahwa ini adalah tahap perencanaan.

Kenapa? karena Photoshop menyediakan pilihan "preset" yang sudah diatur sesuai dengan kepentingan dokumen masing-masing. Berbeda keperluan, berbeda pengaturan. Ok, jika anda semakin bingung, ada baiknya kita selesaikan saja penjelasannya dengan langsung praktek.
Anda bisa melihat pada pilihan Preset

Preset Document
Bisa kita lihat, ada beberapa pilihan dokumen baru yang bisa kita pilih. Clipboard, Default Photoshop Size, U.S. Paper, International Paper, Photo, Web, Mobile & Device, Film & Video dan yang terakhir adalah Custom.
Nah, Inti dari pembahasan ini adalah, bahwa dengan memilih preset, anda akan dibantu oleh photoshop untuk mengatur kualitas dan ukuran dari file yang akan dihasilkan. Contoh :

Web Document
 Jika anda memilih Preset Web, maka anda akan dibantu untuk memilih Size sesuai dengan ketentuan-ketentuan atau ukuran-ukuran yang lazim digunakan untuk keperluan website. 640 x 640, 800 x 600 sampai 1600 x 1200 dalam satuan Pixel. Resolusi, Color Mode pun sudah diatur.

Web Document
Begitu juga dengan preset lainnya. Jika anda memilih U.S. Paper maka anda akan diarahkan pada pengaturan ukuran, resolusi, dan color mode yang standar digunakan di America.

US. Paper Document
Standar ukuran kertas yang digunakan oleh Negara Amerika adalah 8.5 x 11 Inch atau yang biasa disebut Letter. Dengan resolusi 300 dpi dan color mode RGB. Nah, begitulah seterusnya.
Namun bila anda ingin membuat sebuah preset dengan ukuran dan pengaturan lainnya sesuai keinginan anda, anda bisa membuatnya melalui tahapan berikut ini

Step 1 - Klik menu file pilih New.


File > New

Step 2 - Pilih Custom

Pilih custom

Step 3 - Atur ukuran, satuan, dan color mode


Setting

Step 4 - Klik Save Preset


Save Preset





Step 5 - Beri Nama Custom Preset Tersebut


Memberi nama pada kolom preset name




Step 6 - Selesai, Custom Preset Sudah Tersimpan


Nama preset baru muncul pada kolom preset
Photoshop sudah menyediakan berbagai kemudahan dalam bekerja, tinggal pada diri pribadi kita apakah memanfaatkan hal tersebut, atau tidak. karena kebanyakan orang tidak memikirkan hal tersebut, maka pada setiap kali ia bekerja, ia selalu melakukan pengaturan yang padahal selalu ia gunakan. Ok, sampai di sini dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Hope you enjoy !

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment