Tutorial CorelDraw - Apa itu CorelDraw? (Hari Ke-1)

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008.
CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. (Wikipedia)




CorelDraw adalah editor grafik layaknya Adobe Illustrator. Kemampuan mereka pada dasarnya sama, hanya pada bagian-bagian fitur tertentu yang mungkin agak berbeda.

CorelDraw banyak digunakan orang untuk menggambar ilustrasi, kartun, diagram, grafik dan logo. Tidak seperti gambar bitmap yang menyimpan informasi dalam kotak dari titik-titik, Illustrator menggunakan persamaan matematika untuk menampilkan sebuah objek. Inilah yang membuat File Adobe Illustrator scalable vector graphics (grafik vector yang skalanya bisa diubah-ubah) tanpa kehilangan resolusi.

Penggunaan umum untuk CorelDraw yaitu :

Mendesain Logo

Desain logo - http://majesticallyrare.com/

Menggambar Peta

Menggambar peta - http://kelsocartography.com/


Menggambar Ilustrasi

Illustration - http://media02.hongkiat.com/cartoon-tuts-illustrator/create_sun.jpg

Infographics (grafik informasi)



Infographics - http://cdn2.digitalartsonline.co.uk/


Photorealistic Drawing

Photorealistic Drawing - http://www.danypepin.com/


Desain Produk

Desain Kemasan - http://www.zrndesign.com/


Alasan orang memilih menggunakan software editor vector dalam melakukan beberapa penggunaan umum yang telah ditunjukkan pada poin di atas adalah dikarenakan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh vector dibandingkan dengan bitmap. berikut kelebihan-kelebihannya.



1. Scalable (skalanya bisa diubah-ubah) tanpa kehilangan resolusi
2. Sharp (gambar tajam) pada setiap ukuran.
3. Mencetak dengan hasil resolusi tinggi
4. Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil
5. Sangat handal untuk menggambar ilustrasi

Namun bagi anda yang suka menggambar realis maupun semi realis, mungkin akan kesulitan bila anda menggunakan CorelDraw atau software vector lainnya, dikarenakan gambar yang anda buat cenderung terlihat datar dan kartun sehingga sangat sulit untuk menghasilkan gambar realistis. Bila anda berhasil membuatnya, anda sungguh hebat.

Gitar Realistis Illustrasi - https://cdn.tutsplus.com/psd/authors/grant-friedman/0837_Guitar_final-small.jpg


Sedikit melihat sejarah,  CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir untuk Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langdsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.
Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software.

Demikianlah urain singkat mengenai Adobe Illustrator, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment