Tutorial Illustrator - Memulai Adobe Illustrator (Hari Ke-2)

Simak penjelasan dan tutorial Illustrator tentang bagaimana memulai Adobe Illustrator di sini.


Berjumpa kembali dalam rangkaian 21 Hari Belajar Illustrator hari ke-2. Jika anda belum menginstall aplikasi Adobe Illustrator, Silahkan download dan Install terlebih dahulu. Anda bisa mendownload pada situs resmi Adobe jika ingin mencoba trial selama 30 hari untuk Adobe Illustrator versi terbaru.

Namun sekarang anda bisa mendapatkan Adobe Illustrator secara gratis dan free lisensi, meskipun itu adalah Illustrator versi CS2. Silahkan ke link Adobe.com.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara singkat, padat, dan jelas. Kita mulai dari membuat dokumen baru, menguasai Workspace (lembar kerja), Toolbox, Floating Palette, dan cara menyimpan file kerja yang telah selesai kita buat.

Membuat Dokumen Baru

Untuk membuat dokumen baru, cukup mudah. Bisa melalui menu bar, Klik File > New.

Menu File, New
Atau anda bisa dengan mudah melalui shortcut CTRL + N. Sehingga akan muncul dialog berikut. Anda bisa mengatur nama file, profil dokumen, dan ukuran lembar kerja.

Dialog File Baru
Pada bagian bawah, terdapat menu Advanced. Pada menu tersebut, akan ada pengaturan tentang warna, dan resolusi gambar yang akan dihasilkan pada saat export file nantinya.

Menu Advanced

Workspace (Area Kerja)

Area penting pada workspace Adobe Illustrator
Pada gambar tersebut, masing-masing area berturut-turut ditunjukkan dengan huruf A-E, berikut penjelasannya

A. Tools Panel << Artikel sedang proses penulisan
B. Control Palette << Artikel sedang proses penulisan
C. Workspace Switcher << Artikel sedang proses penulisan
D. Floating Palette << Artikel sedang proses penulisan
E. Artboard << Artikel sedang proses penulisan

Klik pada link tersebut, maka anda akan dibawa ke postingan penjelasan lengkap dari masing-masing judul tersebut.

Saving Files

Setelah tahu cara membuka dokumen, dan apa-apa saja bagian dari user interface Adobe Illustrator, tentunya kita perlu tahu bagaimana menyimpan dokumen. Sebelum mengakhiri aplikasi, simpan semua pekerjaan anda agar dikemudian hari apa yang anda kerjakan barusan bisa dilanjutkan kembali. Klik menu File > Save atau dengan shortcut pada keyboard CTRL + S pada Windows.

File > Save

Ada banyak pilihan penyimpanan file. Untuk penjelasan selengkapnya tentang perbedaan dari beberapa pilihan save tersebut, akan kita bahas di postingan "Perbedaan Save, Save As, Save a Copy, Save as Template, Save For Web & Devices dan Save Selected Slices"

Setelah memilih Save, maka muncul dialog berikut. Arahkan pada folder tempat penyimpanan yang anda inginkan, lalu beri nama untuk file tersebut, dan pilih format .AI untuk ekstensi Adobe Illustrator. Penjelasan mengenai format penyimpanan lainnya akan dibahas disini.

Save Files

File sudah tersimpan, dan anda siap untuk menutup aplikasi dan lembar kerja anda. 


Demikianlah tutorial sederhana tentang memulai Adobe Illustrator untuk hari ke-2 dari rangkaian 21 hari belajar Adobe Illustrator. Semoga bermanfaat!



Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment