Tutorial CorelDraw - Basic Shape

Tutorial ini adalah bagian dari rangkaian 21 Hari belajar CorelDraw Hari ke-4 yang membahas tentang membuat Objek (Tutorial CorelDraw - Membuat Objek (Hari Ke-5)). Pada tutorial kali ini kita akan membahas secara sederhana tentang bagaimana membuat sebuah objek dasar (basic shape) dan akan kita lanjutkan ke Advanced Shape pada pertemuan selanjutnya.
Untuk mempersingkat pembahasan, kita praktik saja sekarang.Basic Shape yang dimaksud diantaranya adalah Rectangle Tool dan Ellipse Tool. So yang kita butuhkan sekarang adalah Blank Document untuk area kita belajar.


Kita mulai dengan Basic Shape yang pertama, yaitu Rectangle Tool. Rectangle Tool adalah Tool yang memberikan anda sebuah persegi. Persegi yang dihasilkan bisa persegi 4 atau persegi panjang, terserah bagaimana anda membuat basic shape tersebut.



Klik pada Rectangle Tool atau tekan F6 pada keyboard. Dan lakukan Drag seperti yang ditunjukan arah panah pada gambar berikut


Anda juga bisa melakukan drag dengan arah seperti dibawah ini, namun hal ini kurang praktis dari pada yang ditunjukkan pada gambar sebelumnya.


Jika anda ingin membuat persegi panjang dengan lebar lebih besar dari panjang, maka lakukan drag ke arah kanan atau kiri lebih jauh, begitu sebaliknya. Namun pada satu kondisi, anda mungkin ingin membuat Persegi 4, dimana keempat sisinya adalah sama besar. Tentunya akan sulit jika anda hanya melakukan drag seperti pada saat membuat persegi panjang. besar P x L akan susah anda sesuaikan.

Bila anda perhatikan, pada saat anda melakukan drag untuk membuat sebuah persegi, anda bisa melihat pada tab menu bar di bagian atas, terlihat besaran nilai dari lebar dan panjang objek yang sedang anda buat. Itu artinya, anda pun bisa membuat objek melalui angka, anda tinggal mengisi kolom lebar dan panjang objek yang anda inginkan.


Sedikit informasi, kita sering menyebut Panjang x Lebar, namun pada semua applikasi, menggunakan istilah Lebar x Tinggi (width x height).

Selanjutnya, bagaimana membuat persegi yang sama sisi. Secara gampang, ya tinggal mengisi dengan angka yang sama, misalkan 1200 x 1200 atau lain sebagainya. Namun terkadang, pada saat membuat persegi, kita dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk mengetik angka, so, caranya adalah, pada saat anda melakukan drag, disertai dengan menekan tombol CTRL pada keyboard. Maka anda akan dituntun untuk membuat objek yang Proporsional, yaitu objek yang terdiri dari nilai lebar dan tinggi yang sama besar.

Satu hal lagi yang lumayan berguna pada saat membuat basic shape. Yaitu dengan menekan tombol SHIFT pada keyboard. Fungsinya adalah untuk mengawali titik kemunculan shape yang ingin anda buat, jika anda membuat tanpa menekan tombol SHIFT, maka shape yang dibentuk muncul dari ujung kiri atau kanan menuju kanan bawah atau kiri bawah. Beda halnya saat menekan tombol SHIFT, objek yang anda buat akan muncul dari center, sehingga memudahkan anda dalam membuat desain, tentunya pada kondisi tertentu.

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai perubahan bentuk dari objek yang telah kita buat, anda bisa mengubah bentuknya, ukurannya, dan posisinya.

Untuk mengubah bentuk, anda tinggal menarik/menggeser salah satu point yang terdapat pada setiap objek. Setiap objek memiliki 8 titik yang bisa ditarik untuk mengubah bentuk dan juga ukuran. Untuk mengubah bentuk, biasanya seperti mengubah Ellipse/circle menjadi Oval, Persegi menjadi persegi panjang, dan lain sebagainya adalah dengan cara menggeser titik yang terdapat pada bagian tengah setiap sisi-sisi.



Titik-titik yang dilingkari adalah point yang dimaksud, jika anda ingin mengubah lingkaran menjadi oval dengan bentuk ke atas, tarik point tersebut ke atas, begitu seterusnya.

Sedangkan, untuk mengubah ukuran, gunakan point-point yang ada pada sudut-sudut objek. Tarik ke arah luar untuk memperbesar, atau ke arah dalam untuk memperkecil objek.






Selanjutnya adalah memindahkan objek, hal ini sangat mudah dilakukan. Arahkan Mouse pada objek, lalu klik dan geser kemanapun yang anda inginkan.

Namun bila anda klik lagi objek tersebut, maka point-point pada objek berubah menjadi seperti ini.

Saya menyebutnya Rotate dan Skew Option. Rotate berfungsi memutar objek, itu terlihat pada ke empat sudut objek.


Jika anda ingin memutar objek tersebut, arahkan saja mouse pada point tersebut, lalu klik dan geser ke arah kanan atau kiri.


Saat anda ubah putarannya, anda bisa melihat perubahan nilai sudut pada menu bar. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Rotate Objek, akan kita bahas di sini (masih dalam proses penulisan).

Sedangkan Skew berfungsi untuk merubah objek menjadi miring. Fungsi itu terdapat di pertengahan setiap sisi objek.


Caranya, klik di salah satu point tersebut, lalu geser ke kiri atau kanan, atas atau bawah, Sehingga menghasilkan objek dengan kemiringan seperti ini. Pembahasan selengkapnya mengenai Skew akan kita bahas disini (masih dalam proses penulisan).


Sekian dulu ya, pembahasan mengenai Basic Shape. Selanjutnya, silahkan anda melangkah ke Tutorial CorelDraw - Advanced Shape. Hope U Enjoy, semoga bermanfaat.


Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment