Tutorial CorelDraw - Membuat Dokumen Baru (Hari Ke-3)

Kembali lagi di tutorial CorelDraw di hari ke-3 dalam rangkaian 21 hari belajar CorelDraw. Kali ini kita akan membahas cara membuat dokumen baru. Sama seperti tutorial photoshop di hari ke-3, kita akan membahas bagaimana cara membuat dokumen baru.


Ok, jalankan aplikasi CorelDraw anda. Sehingga akan muncul pada layar sebuah welcome screen yang berisi quick start menu. Di sebelah kanan, terlihat pilihan berikut ini:

New Blank Document




New Blank Document adalah menu cepat yang akan menyajikan secara langsung untuk anda sebuah dokumen baru yang kosong. Namun bila anda melewatkannya, maka anda bisa membuat dokumen baru dmelalui menu File > New.

Menu File > New
Akan tampak pada corelDraw anda properties sebagai berikut :

Document Properties
Anda juga bisa membuat file baru melalui template yang sudah disediakan oleh CorelDraw. Namun jika anda adalah pengguna CorelDraw versi Lite, kemungkinan template yang disediakan tidak terdapat dalam pilihan.

New From Template
List Template
Setelah anda berhasil membuat dokumen baru, saatnya memberikan keterangan pada dokumen yang telah dibuat. Tujuannya, memudahkan anda dalam mengingat dan memberi keamanan pada file anda. Klik menu File, Document Properties.

Document Properties
Fill the blanks
Isilah keterangan Title, Subject hingga Rating. Lalu Ok dan simpan file anda.

Save file



Save File
Setelah berhasil menyimpan file tersebut. Coba sekarang anda menuju ke folder tempat anda menyimpan file yang barusan anda buat. Akan terlihat keterangan seperti dibawah ini pada bagian bawah kolom folder anda.

Properties

Atau anda bisa melihatnya melalui klik kanan, pilih properties pada file yang anda pilih.

Document Properties Detail
CorelDraw tidak serumit Photoshop dalam pengaturan awal dokumen. Dikarenakan File yang dihasilkan CorelDraw biasanya hanya untuk kepentingan print out pada kertas dan media lainnya, bukan pada website. Namun ada beberapa juga yang menggunakannya untuk membuat icon-icon yang dibutuhkan pada pada sebuah website, namun jarang terjadi. Dikarenakan untuk keperluan website biasanya orang lebih menggunakan software yang handal di bidang bitmap seperti photoshop.

Demikian tutorial singkat mengenai cara membuat dokumen baru pada CorelDraw, semoga bermanfaat. Hope you enjoy!

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment