Tutorial Illustrator - Menggambar Shape Dasar (Hari Ke-3)

Simak penjelasan dan tutorial Illustrator tentang menggambar shape dasar di sini.


Hari ini adalah hari ke-3 dalam rangkaian 21 hari belajar Illustrator. Hari ini kita akan belajar membuat bentuk. Tapi sebelum kita melangkah jauh kita pahami dulu dasar-dasarnya. Yuk kita mulai saja.


Kita awali dengan tool seleksi terlebih dahulu. Tentunya kita harus tahu dulu tool seleksinya agar lebih mudah dalam mengatur shape yang akan kita buat. Pada Adobe Illustrator ada dua jenis alat yang bisa digunakan dalam tugas seleksi menyeleksi yaitu Selection Tool dan Direct Selection Tool.

Selection Tool 

Selection Tool

Digunakan untuk memilih dan memindahkan Shape. Tak hanya memilih dan memindahkan, bisa juga untuk mengubah ukuran.


Direct Selection Tool 

Direct Selection Tool
Digunakan untuk memilih point pada bentuk secara tunggal, tidak keseluruhan. Pada pelajaran sekolah kita kenal yang namanya Titik yang menyambung antara rusuk. Cara menggunakannya yaitu dengan men-klik pada titik-titik pada shape lalu tahan dan seret untuk mengubah bentuknya.



Nah, setelah tahu tools yang digunakan untuk menyeleksi, sekarang kita menuju ke tool Shape yang menjadi pokok pembahasan kita. Lihat pada gambar di bawah ini 

Shape Tool

Shape Tool
Yang terlihat pada gambar diatas adalah tool shape. Untuk melihat berbagai macam bentuk yang tersedia pada shape tool, klik tahan pada sudut kiri bawah tool tersebut, terdapat segitiga hitam yang menandakan ada beberapa pilihan dari tool tersebut.


Lanjut kita ke pembahasan mengenai warna. Ada yang namanya Stroke dan Fill. Berikut penjelasannya

Memahami Stroke dan Fill

Fill dan Stroke
Secara otomatis, jika anda menciptakan sebuah shape maka shape tersebut akan terdiri dari Stroke berwarna hitam dan fill berwarna putih. Stroke adalah garis tepi dari sebuah shape atau biasa juga disebut Outline. Sedangkan Fill adalah bagian dalam shape yang dikelilingi oleh outline.

Kemudian mengenai merubah-rubah warna. Mari kita lanjutkan pelajaran kita.

Mengubah Warna

Color Palette
Untuk mengubah warna shape sangat mudah, klik ganda pada Fill atau Stroke, maka akan muncul dialog warna (Color Palette), silahkan pilih warna yang diinginkan, maka shape akan berubah warnanya.


Ada kalanya, shape yang dibuat tidak memiliki stroke. Maka kita bisa menghilangkannya.

Menghilangkan Stroke

Removing Stroke
Untuk menghilangkan stroke, anda tinggal klik pada None. Tapi terlebih dahulu klik pada Kolom Fill atau Stroke. Karena jika yang terpilih adalah Fill maka yang hilang adalah warna dalam dari shape tersebut. Gunakan tombol Swap (arah panah dengan 2 ujung) untuk mengganti pilihan No Stroke atau No Fill secara cepat atau bisa juga dengan Shortcut SHIFT + X.

Ketika pilihan tersebut sudah dipilih, maka akan terlihat seperti di bawah ini.

Remove Stroke

Hal lainnya adalah menggambar bentuk yang sempurna. Sempurna yang dimaksud adalah proporsional antara lebar dan tinggi. Misalkan kotak, maka yang dihasilkan adalah persegi 4, lingkaran bukan oval.

Menggambar Proporsional

Proporsional

Untuk menghasilkan bentuk seperti di atas, pada saat anda memilih tool shape, lalu ingin menggambarkannya pada area gambar, jangan lupa untuk menahan tombol SHIFT sambil melakukan drag ke arah kanan atau kiri pada lembar kerja.

Setelah membentuk, kemungkinan kita akan mengubah ukurannya

Mengubah Ukuran

Resize





Mengubah ukuran bisa dilakukan dengan cara pilih shape-nya terlebih dahulu menggunakan Selection Tool (V). maka akan muncul titik-titik yang bisa ditarik ke luar untuk memperbesar dan ditarik ke dalam untuk memperkecil. Jangan lupa jika ingin merubah ukuran shape secara proporsional maka tahan tombol SHIFT pada saat eksekusi.

Setelah merubah ukuran mungkin saja anda ingin memutar shape dengan alasan tertentu.

Memutar Shape

Rotate Shape




Sama seperti merubah ukuran, untuk merotasikan shape maka seleksi dulu shape tersebut. lalu arahkan ke sudut kiri, kanan, atas, bawah, terserah anda. Maka akan muncul panah melengkung menginformasikan kepada anda untuk memutar shape tersebut. Arahkan ke kanan atau kekiri sembari menahan tombol kiri pada mouse. Pada saat memutar kita diberi kemudahan untuk memutar shape tersebut sesuai derajat yang diinginkan, Anda bisa menahan tombol SHIFT sambil memutar ke kiri atau ke kanan, maka shape akan memutar 45 derajat secara teratur.

Pilihan Rotate melalui menu bar


Atau jika ingin merotasi dengan angka yang ingin anda tentukan, silahkan anda ubah melalui menu Object > Transform > Rotate. Maka akan disajikan kolom yang bisa anda isi dengan besarnya derajat yang anda inginkan, tentunya dari 0 - 360.

Star Tool

Star Tool

Pada saat anda memilih Star Tool, lalu melakukan drag pada area gambar, maka secara otomatis bintang yang terbentuk adalah bintang yang memiliki 5 sudut. Bila anda ingin membuat bintang yang memiliki segi lebih banyak atau lebih sedikit, jangan lakukan drag terlebih dahulu, tetapi klik dulu pada layar, maka akan muncul opsi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

Star Tool Option
Radius 1 adalah posisi sudut luar dari bintang, sedangkan Radius 2 adalah posisi sudut bagian dalam bintang. Sedangkan points adalah jumlah sudut dari bintang yang akan kita buat.

Dalam kehidupan sehari-hari kita akan banyak menemukan bentuk-bentuk benda yang dibentuk dari bentuk-bentuk dasar seperti yang telah kita pelajari barusan. Selanjutnya, kita akan belajar membuat bentuk yang lebih kompleks dari sebelumnya. Selamat belajar.

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment