Tutorial Photoshop - Tool Navigasi, Zoom & Hand Tool (Hari Ke-4)

Hari ini kita lanjutkan belajar photoshop kita. Tutorial ini adalah rangkaian tutorial 21 hari belajar photoshop.  Setelah berkenalan dan mengakrabi user interface,
sekarang saatnya kita mempelajari bagaimana menggunakan tool navigasi, Pan & Zoom.



Dengan Zoom dan Hand Tool kita bisa dengan mudah menjelajahi lembar kerja, menggeser kertas, mendekatkan, dan menjauhkan jarak pandang. Mari kita pelajari selengkapnya.

Buka Photoshop anda, lalu Open sebuah gambar.

Zoom Tool




Klik pada Zoom Tool pada Toolbox.


Maka akan muncul pada bagian atas sebuah panel berisi menu-menu dari Zoom Tool.


Dari gambar di atas terlihat beberapa fungsi, berikut penjelasan beserta prakteknya.

A. Current Tool



Ini hanya sekedar pemberitahuan tool yang sedang kita gunakan. Di dalamnya ada pengaturan preset toolnya.






B. Zoom In


Zoom In berfungsi untuk memperbesar jarak pandang atau mendekatkan pandangan pada objek. Jika anda mengaktifkan pilihan ini, maka anda tinggal klik pada lembar kerja tepatnya pada area yang ingin anda perbesar wilayah pandangnya.
Melalui shortcut key, anda bisa menggunakan CTRL + (=) untuk melakukan zoom in.
Jika anda dalam kondisi Zoom Out, anda bisa switch langsung ke fungsi Zoom In tanpa harus mengubah Tool, gunakan CTRL + SPACE untuk melakukannya.



C. Zoom Out


Zoom Out berfungsi untuk memperkecil jarak pandang atau menjauhkan pandangan pada objek. Jika anda mengaktifkan pilihan ini, maka anda tinggal klik pada lembar kerja tepatnya pada area yang ingin anda perjauh wilayah pandangnya.
Melalui shortcut key, anda bisa menggunakan CTRL + (-) untuk melakukan zoom out.
sedangkan bila anda sedang dalam kondisi Zoom In, anda bisa switch langsung ke Zoom In menggunakan tombol ALT, sehingga tool anda berubah menjadi Zoom Out, dengan icon tool menjadi (-)


D. Resize Windows To Fit


Resize Windows to fit membuat hasil Zoom anda berbeda. Perbedaannya adalah bagian tepi dari jendela kerja atau sering disebut windows akan mengikuti hasil zoom pada image yang kita terapkan. Sebaliknya, jika anda tidak mengaktifkannya, maka jendela kerja tidak mengikuti besarnya tampilan image. Sehingga menyisakan area abu-abu pada bagian lembar kerja.

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini.

Hasil Zooming tanpa centangan pada pilihan "Resize Windows To Fit"

Hasil Zooming dengan pilihan "Resize Windows To Fit" aktif



E. Zoom All Windows

Zoom All Windows berfungsi untuk zooming pada semua area kerja yang anda buka sekaligus (multitab) pada photoshop. Untuk dapat melakukannya, aktifkan pilihan Zoom All Windows, lalu lakukan zoom pada salah satu lembar kerja. Akan terlihat bahwa semua lembar kerja mengikuti perubahan Zooming. 




Zoom all windows

F. Scrubby Zoom

Scrubby Zoom membuat zoom kita terlihat lebih menarik. Scrubby zoom membuat fungsi zoom berubah pada saat kita melakukan drag. Secara normal bila kita melakukan Zoom untuk memperbesar area maka kita akan melakukan drag pada area tertentu untuk menyeleksinya. Namun jika anda mengaktifkan pilihan Scrubby Zoom, maka pada saat anda melakukan drag, Zooming akan perlahan mendekat secara lembut. Untuk lebih jelasnya silahkan dipraktekkan. 


G. Actual Pixel


Actual Pixel berfungsi mengubah tampilan lembar kerja menjadi 100% secara cepat. Actual Pixel menampilkan image secara asli.






H. Fit Screen


Fit Screen berfungsi mengubah tampilan lembar kerja menjadi ukuran yang bersesuaian dengan windows Photoshop. Tanpa menghiraukan kualitas pixel, tool ini akan memperbesar tampilannya walau ukuran pixelnya akan pecah. 





I. Fill Screen


Fill Screen akan mengubah tampilan lembar kerja bagian dalam menjadi bersesuai dengan tepi windows lembar kerja. 






J. Print Size


Print Size hampir sama dengan Actual Screen. Karena fungsinya adalah menampilkan image secara asli agar pada saat dilakukan print, gambar yang dihasilkan sesuai dengan apa yang dilihat pada layar sebelum eksekusi print. 




Pembahasan mengenai Zoom Tool untuk saat ini dinyatakan selesai :). Sebenarnya masih sangat banyak hal-hal yang belum dibahas dari tool ini. Pada kesempatan lainnya akan kita lanjutkan.

Hand Tool

Hand Tool
Sekarang kita beralih ke Hand Tool (H). Fungsinya adalah mengerakkan lembar kerja secara horizontal atau vertikal seperti halnya menggerakkan dengan tangan. Hand Tool sangat erat hubungannya dengan Zoom Tool, kenapa? karena pada saat anda melakukan Zoom, seringkali anda ingin melihat kembali bagian yang tidak terlihat pada area kerja, sehingga dengan menggunakan Hand Tool, kita bisa langsung menggerakkan lembar kerja ke arah gambar yang tertutupi bagian windows. 

Hand Tool

Terlihat bahwa kursor anda berubah menjadi bentuk tangan, itu tandanya anda sudah bisa menggerakkan image secara horizontal, vertical dan ke arah manapun yang anda suka. 

Untuk Hand Tool tidak terdapat banyak pilihan menu, hanya ada pilihan Scroll All Windows, selebihnya hanya menu seperti pada Zoom Tool. 


Itulah sedikit penjelasan mengenai Zoom dan Hand Tool. Kedua tool ini sangat sering digunakan oleh pengguna, tidak hanya photoshop, pengguna software grafis lainnya pun perlu akan tool ini. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Semoga bermanfaat. 




Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment