8 Tingkatan Gaji Seorang Designer Grafis

Menarik untuk membahas hal ini. Ya, Gaji seorang Designer Grafis berapa sih? Berikut ini akan kami tampilkan 8 tingkatan gaji seorang Designer Grafis.







1. Junior Designer



Junior Designer biasanya adalah Designer Grafis yang bekerja di sebuah percetakan biasanya lulusan SMK jurusan Multimedia. Percetakan yang menerima cetakan buku, spanduk, banner, dan sablon digital ini tidak terlalu membutuhkan pekerja lulusan universitas. Dikarenakan pasarnya yang hanya sebatas wilayah percetakan tersebut berada. Kisaran Gaji adalah UMR wilayah tersebut atau Rp. 800.000 hingga Rp. 1.500.000.

2. Senior Designer



Desainer grafis senior biasanya disediakan untuk memimpin sebuah kelompok desain grafis di sebuah perusahaan, atau seseorang yang telah bekerja sebagai desainer grafis untuk jangka waktu. Kisaran gaji mereka adalah Rp. 1.500.000 – Rp. 3.500.000.

3. Chief Designer



Chief Designer atau biasa disingkat dengan CDO adalah gelar perusahaan yang diberikan kepada seorang eksekutif yang bertanggung jawab atas inisiatif desain. CDO biasanya bertanggung jawab untuk mengawasi semua aspek desain produk dan jasa perusahaan, termasuk desain produk, desain grafis, pengalaman pengguna desain, desain industri, dan desain kemasan. Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk aspek periklanan, pemasaran, dan rekayasa. Gaji mereka berkisar di angka Rp. 3.500.000 – Rp. 5.000.000.

4. Art Director



Art director adalah seseorang yang bertanggung jawab atas gaya visual dan gambar di majalah, koran, kemasan produk, dan film dan televisi produksi. Mereka menciptakan desain keseluruhan dan lain-lain langsung yang mengembangkan karya seni atau layout. Art director bekerja untuk iklan dan public relations perusahaan, koran dan majalah, perusahaan jasa desain khusus, dan teater, film dan industri video. Kisaran gaji mereka Rp. 2.000.000 – Rp. 5.000.000.

5. Senior Art Director



Sebagai art director senior, Anda akan bertanggung jawab untuk mengawasi pelaksanaan dan pengiriman bahan kreatif berkualitas tinggi dengan tepat waktu. Kemungkinan besar, Anda akan memiliki satu atau lebih pertengahan untuk manajer entry-level pelaporan untuk Anda dan staf laporan langsung yang akan menjalankan proyek ditugaskan untuk departemen Anda. Anda akan berinteraksi dengan para eksekutif dan manajemen dari organisasi Anda dan perusahaan klien. Fokus Anda akan berada di garis waktu, anggaran dan perencanaan sumber daya strategis, serta operasi sehari-hari dari departemen Anda. Dengan tanggung jawab sebesar itu, gaji yang pantas diberikan adalah Rp. 5.000.000 – Rp. 10.000.000.


6. Creative Group Head



Peran ini adalah semua tentang terkemuka, menciptakan dan mengelola rekening dalam lembaga. Ini memegang tanggung jawab untuk memastikan tingkat tertinggi output kreatif untuk merek. Peran ini menetapkan hubungan dengan klien, serta rekan-rekan di semua disiplin ilmu lembaga. Gaji berkisar di angka Rp. 10.000.000 – Rp. 15.000.000

7. Creative Director



Seorang direktur kreatif posisi sering ditemukan dalam industri desain grafis, film, musik, fashion, iklan, media atau hiburan, tetapi mungkin berguna dalam organisasi kreatif lainnya seperti pengembangan web dan perusahaan pengembangan perangkat lunak juga. Kisaran gaji di angka Rp. 15.000.000 – Rp. 25.000.000

8. Executive Creative Director



Creative Director bisa menjadi direktur kreatif eksekutif atau Kepala Pejabat Kreatif (Executive Creative Director). Posisi ini bertanggung jawab untuk mengawasi departemen secara menyeluruh, dan bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan. Gajinya di atas Rp. 25.000.000.

Itulah kedelapan profesi designer grafis secara berurutan mulai dari junior hingga executive Creative Director. Semoga bisa menjadi acuan anda dalam bernegosiasi masalah salary :D .

Sumber : wikipedia, creativebloq, forbes
- Gambar hanyalah sebuah illustrasi

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment