Bagaimana Menjadi Seorang Desainer Grafis? (Bagian III - Tips dan Trik)

Ini adalah bagian terakhir dari Artikel Bagaimana Menjadi Seorang Desainer Grafis. Kali ini kita akan bahas Tips dan Trik dalam menggeluti dunia Graphic Design. Selamat membaca.

Tampil Beda

Berapa banyak Desainer Grafis di dunia saat ini? Tak usah dihitung, yang perlu kita bahas adalah bahwa setiap desainer punya gaya masing-masing yang membedakan mereka satu sama lain. Jadi, tampil beda akan membuatmu mudah dikenal orang. Apalagi jika kamu sampai mampu menemukan dan mempatenkan sebuah style desain. Anda tahu WPAP? ya, WPAP (Wedha's Pop Art Potrait) adalah suatu gugus seni ilustrasi potret wajah yang bersaling-silang secara geometri dengan penggunaan kontradiksi warna-warna khusus, Teknik melukis ini ditemukan oleh Wedha Abdul Rasyid, seniman grafis asal Pekalongan, Jawa Tengah, pada tahun 1990 (Wikipedia). Bisa menemukan style dan mempatenkannya, sungguh wow. 



Tetap Kreatif


Kreatifitas adalah senjata utama dari seorang designer grafis. Menguasai Software tak akan ada gunanya jika pribadi kita bukanlah orang yang kreatif dalam menciptakan hal baru, maka bisa dipastikan kemampuan kita hanya sebatas tracing hasil desain orang lain. 



Sekolah Formal atau Otodidak

Carilah ilmu meskipun tidak melalui sekolah formal. Otodidak adalah metode belajar sendiri tanpa bantuan guru secara langsung. Silahkan pilih salah satu, atau mungkin bisa keduanya. 


Lakukan Riset

Riset adalah bagian penting dari sebuah desain yang akan lahir. Desain adalah soal selera, selera orang berbeda-beda, So lakukan riset untuk mengetahui selera masyarakat pada saat tersebut agar desain kamu diterima. 




Kuasai Software


Kuasai software yang menunjang aktifitas mendesain manual anda. Walaupun anda merasa Gaptek dengan hal-hal yang berbau komputer, itu tidak boleh jadi alasan. Anda harus tetap belajar menguasai software.


Hidup Bersosial

Kunjungi komunitas, buat jaringan dengan desainer lain di area Anda, Sumbangkan karya anda kepada siapa yang membutuhkan. Misalkan ada klub atau supporter klub sepakbola, usulkan sebuah logo, jangan minta bayaran. Berikan secara cuma-cuma, toh hidup juga bukan sekedar untuk mencari uang, semoga hal tersebut bernilai ibadah.


Demikianlah tips dan trik dalam menjalani aktifitas sebagai desainer grafis, semoga tulisan ini bermanfaat. Apa saja yang tertulis tersebut belum sepenuhnya saya kerjakan, saya juga sedang belajar, mari belajar bersama. Have a nice day

Subscribe for latest Article and Tutorial


10 komentar:

  1. Saya pengen bngt tuh jadi desainer tapi kurang kratif hehehhe

    ReplyDelete
  2. Menurut ane sih ya harus kreatif dan tampil beda kalau mau jadi designer grafis

    ReplyDelete
  3. Kalau saya sih lebih fokus satu bidang aja kalau desain grafis :D , lebih memiliki ciri khas.

    ReplyDelete
  4. menggeluti bidang ini harus memiliki kemmapuan imajiasi yang tinggi....

    ReplyDelete
  5. yang terakhir susah bang.
    bang. ane boleh liat karya ente tentang desain grafis ngk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di menu sidebar, My Work gan :)
      belum seberapa sih ilmu ane

      Delete
  6. Keren Bang artikelnya. Lanjutkan

    ReplyDelete
  7. mungkin agak susah mau coba dulu deh

    ReplyDelete
  8. tambahan gan. perbanyak membaca kalau menurut ane hehehe

    ReplyDelete