Belajar Doodle Art Yuk!

Baca penjelasan dan pelajari tentang Doodle Art di sini.




Anda pasti pernah berpikir bahwa Doodle Art adalah sebuah seni yang tidak bisa dijadikan hal serius bahkan dijadikan pekerjaan. Coba pikirkan kembali, meskipun semua orang mampu mencorat-coret namun tak semua coretan menghasilkan nilai seni dan akhirnya akan menghasilkan uang. So, Mari kita kupas lebih dalam.

Sejarah



Kata doodle pertama kali muncul pada awal abad ke-17 berarti bodoh atau bodoh. Ini mungkin berasal dari Jerman atau Nudeltopf Dusseldorf, berarti bodoh atau mie (harfiah"minum-minum").
Makna "bodoh, bodoh" yang dimaksud dalam judul lagu "Yankee Doodle", awalnya dinyanyikan oleh pasukan kolonial Inggris sebelum Perang Revolusi Amerika. Ini juga merupakan asal dari kata kerja abad kedelapan belas dini untuk mencoret-coret, yang berarti "untuk menipu atau membodohi". Arti modern muncul pada 1930-an baik dari makna ini atau dari kata kerja "untuk berlama-lama", yang sejak abad XVII telah memiliki makna membuang-buang waktu atau karena malas. Bapabapa666

Atau mungkin penamaan Doodle untuk seni ini adalah berasal dari kata Dodol, makanan yang proses pembuatannya diaduk dari mulai pengerjaan hingga selesai dan menghasilkan makanan yang lezat, kenyal, dan gurih. Sama seperti Doodle, proses pembuatannya dengan mengaduk-ngaduk karakter dalam satu media hehe.

Macam-Macam Doodle Art


Doodle art sendiri adalah seni menggambar yang spontan. Namun ada juga yang merencanakannya terlebih dahulu sebelum mencoret-coretkannya di kertas. Secara umum Doodle Art terbagi 3 berdasarkan Perencanaan pembuatannya.

1. Unplanned Doodle


Doodle versi Unplanned by TS

Ini adalah gaya doodle spontan, gak butuh sketsa, gak butuh pensil, langsung hajar dengan pulpen dan menuangkan apa yang terpikir dan terlintas di kepala. Biasanya ini dilakukan orang pada saat suntuk, seperti menunggu waktu pulang saat sekolah, menunggu pacar di halte dan lain-lain.

2. Semi-planned Doodle


Sedangkan yang ini adalah doodle yang setengah terencana. Butuh pensil untuk membuat sketsa, namun proses menggambarnya dilakukan tanpa ada tema atau ide yang sudah disiapkan.

Doodle Semi-Planned by TS
Doodle di atas terlihat lebih baik dari segi penindihan karakter dengan karakter lain, itu dikarenakan prosesnya mengandung perencanaan, walaupun semi.

3. Planned Doodle 

Dan yang terakhir ini adalah Doodle yang terencana. Lengkap dengan semua peralatan, pensil, pulpen, sketchbook, dan ide yang sudah disiapkan untuk hasil doodlenya. Doodle ini biasanya dilakukan orang yang sudah menerima orderan dari client.

Doodle Planned by Kerby Rosanes , Master doodle dari Filipina
Pada gambar di atas terlihat doodle yang sangat detail. Saya kurang tahu, apakah proses tersebut menggunakan sketsa pensil terlebih dahulu atau tidak. Namun jika dilihat dari segi pembuatan, tentunya untuk doodle yang sebesar ini pasti memerlukan perencanaan ide tentang doodle yang akan dibuat.

Referensi Untuk Kamu yang Ingin Belajar Doodle Art

Buat kamu yang selama ini membuat doodle hanya untuk keisengan belaka, gak ada salahnya mencoba untuk serius. Saya sendiri juga terus belajar untuk konsisten dalam hal menggambar doodle. Maksudnya tak hanya sekedar coretan, namun dari segi bentuk dan makna, doodle kita memiliki itu.

Berikut ini ada 5 Doodle Art yang Bisa kamu Jadikan Referensi. Silahkan dikunjungi satu persatu, pilih yang sesuai dengan passion kamu.


Tutorial Sederhana Membuat Doodle Art 

Tak ketinggalan, saya juga telah menyiapkan tutorial sederhana untuk tahapan dalam membuat doodle art. Walau tak begitu bagus, namun sudah mampu membuat hati sendiri senang ketika melihat hasilnya. 


Sekian sedikit penjelasan mengenai Doodle Art. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya. 


Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment