Tutorial CorelDraw - Transformation Object ( Bagian I - Position)

Ini adalah bagian dari tutorial CorelDraw hari ke-6 yang membahas tentang Transformation Tool. Pada bagian ini kita akan membahas Position Object. Untuk lebih jelasnya


Position Object


Pilihan pertama yang akan kita bahas dari Transformation. Berikut tampilan pengaturan posisi objek.


1. Menu Transformation Position 

Klik pilihan ini untuk memunculkan pengaturan untuk posisi objek.

2. Position Value

Hasil duplikasi bisa diatur posisinya berdasarkan koordinat Horizontal dan Vertikalnya. Caranya isikan angka pada kolom H dan V tersebut.

3. Relative Position

Ini berfungsi sebagai acuan titik dari hasil duplikasi yang kita lakukan, mau dimulai dari titik relative bagian mana dari objek sebelumnya. 

4. Apply to Dupicate dan Apply

Jika sudah selesai dalam mengatur hal-hal tersebut. Tinggal diterapkan menggunakan tombol ini. Apply to Duplicate akan menggandakan objek, sedangkan Apply, hanya akan memindahkan Posisi Objek. 

Agar lebih mudah memahami, mari kita praktek. Klik objek rectangle tersebut. lalu atur nilai H sebesar 100, maka hasilnya akan seperti berikut :

Sebelum Apply

Sesudah Apply


Objek akan bergeser 100 px (px adalah satuan pixel. saya menggunakan px, anda bisa menggunakan satuan lain sesuai pilihan anda pada saat pengaturan unit lembar kerja anda, baca disini). 
Sedangkan jika anda klik Apply To Duplicate, sebanyak 2 atau 3 kali, maka hasilnya akan seperti ini. 



Tips

Jika objek yang ingin diubah posisinya hanya satu atau perubahan posisinya tidak terlalu rumit, gunakan mouse aja ya. Klik Pick Tool

Pick Tool

Lalu klik pada object yang ingin diubah posisinya pada lembar kerja.

Seleksi Objek
Pada saat anda klik objek, kemudian kursor sudah berubah bentuk seperti di atas, drag dan drop ke posisi lain. Maka objek anda akan berpindah. 

Drag & Drop

Nah, jika anda ingin menggandakan, lakukan drag dengan klik kanan, bukan dengan klik kiri. Maka pada saat dilepaskan, akan muncul pilihan Move Here, Copy Here, dan lain-lain seperti gambar berikut. 

Drag dengan Klik Kanan

Pilih Copy Here, maka akan muncul duplikasi dari hasil drag tadi.

Copy Here

Silahkan eksplorasi tool tersebut, atur juga nilai Vertical, maka perpindahan object akan menurun, kebalikan dari Horizontal (Mendatar).

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment