Tutorial Illustrator - Menggambar dengan Pen Tool (Hari Ke-5)

Simak penjelasan dan tutorial Illustrator tentang menggambar menggunakan Pen Tool di sini.



Berjumpa kembali dalam rangkaian 21 Hari Belajar Adobe Illustrator hari ke-5. Hari ini kita akan belajar menggambar menggunakan Pen Tool. Bisa dikatakan bahwa Pen Tool adalah senjata utama dari Illustrator. Jadi, kita kudu bisa menggunakannya.




Apa saja yang bisa kita lakukan dengan Pen Tool? Berikut beberapa diantaranya :


Menggambar Garis Lurus


Setelah memilih Pen Tool pada ToolBox, untuk menghasilkan sebuah garis lurus, anda tinggal menentukan titik awal dari garis lurus tersebut, lalu arahkan ke daerah pada lembar kerja untuk tujuan akhir dari garis lurus tersebut.

Menentukan Titik Awal Garis

Menentukan titik akhir

Untuk mengakhiri pembuatan garis, ada dua cara. Yang pertama adalah dengan cara, klik pada tool lain yang ada pada toolbox atau dengan cara klik pada pen tool (P) kembali, sehingga apabila anda menggambar lagi, maka garis tidak akan bersambung dari titik yang kita akhiri sebelumnya.

Menyambungkan Garis


Kemungkinan anda perlu untuk menyambungkan kembali garis yang telah diakhiri sebelumnya. Maka untuk menyambungkan kembali anda tinggal mengarahkan Pen Tool pada bagian ujung garis yang diakhiri sebelumnya.

bentuk kursor saat Pen ingin menyambung garis

Klik kiri 1 kali, lalu klik ke arah tujuan garis selanjutnya.



Menutup Garis


Ketika garis ingin kita ubah menjadi shape, maka kedua ujung harus bertemu. Sehingga garis tadi sekarang terdiri dari fill dan stroke. Untuk menyambungkannya, maka hubungkan garis tersebut. Lihat gambar dibawah ini.

Closing Path
Terlihat sebuah lingkaran kecil pada kursor, itu menandakan bahwa anda mengarahkan pen tool tepat pada awal garis tadi. Klik kiri 1 kali, maka garis anda sekarang sudah tersambung. Anda tinggal memilih warna untuk fill shape tersebut.

Fill shape


Menggambar Garis Lengkung


Untuk membuat garis lurus, klik titik awal garis lalu drag pada saat anda menentukan titik akhir. Maka garis akan melengkung ke arah mana anda melakukan drag.

Curve Line (Garis Lengkung)

Mengubah Lengkungan


Untuk mengubah arah lengkungan, gunakn Direct Selection Tool. Klik pada ujung garis, maka akan muncul garis bantu arah lengkungan.


Direct Selection Tool (A)


Seleksi point akhir

Lalu anda tinggal klik dan drag point lengkungannya ke arah yang anda inginkan.

Klik dan drag 

Hasilnya



Menambah Anchor Points


Untuk menambahkan Anchor Point, dalam keadaan Pen Tool masih terseleksi, arahkan pada garis, maka pada kursor akan muncul tanda plus. Jika sudah anda tentukan titik anchor baru tersebut, klik kiri maka Anchor Point akan ditambahkan.

Menambahkan Anchor Point

Menambahkan Anchor Point


Menghilangkan Anchor Points


Kebalikan dari sebelumnya, jika anda ingin menghilangkan Anchor Point, dalam keadaan Pen Tool masih terseleksi, arahkan ke point tersebut. Ketika muncul tanda minus (-), klik kiri. Maka anchor point yang dipilih akan hilang dari garis tersebut.

Menghilangkan Anchor Point

Menghilangkan Anchor Point


Menggeser Posisi Anchor Points


Untuk menggeser point, gunakan Direct Selection Tool (A). Klik dan drag ke arah yang anda suka.

Memindahkan Posisi Anchor Points

Memindahkan Anchor Points


Sebagai penutup, cobalah berlatih. Gambarkan sesuatu, tak perlu bagus. Sekedar melatih tangan untuk tidak kaku. Selamat belajar, semoga bermanfaat.







Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment