Tutorial Illustrator - Menggunakan Brushes (Hari Ke-6)

Simak penjelasan dan tutorial Illustrator tentang menggunakan Brushes di sini.



Hari ini kita lanjutkan materi belajar kita dalam rangkaian tutorial 21 Hari Belajar Adobe Illustrator hari ke-6. Pembahasan kita hari ini adalah penggunaan Brushes. Brushes adalah pengubahan style dari garis yang telah kita buat, baik menggunakan Pencil Tool, Pen Tool maupun Paint Brush Tool.




Brushes terdapat pada Docker di sebelah kanan layar anda jika Mode Workspace anda adalah Essentials. 



Namun, bila panel Brush tidak ada, anda bisa memunculkannya melalu menu Window > Brush (F5). 


Ok, kita langsung aja praktek. Apa saja sih yang bisa dilakukan dengan Brush Tool? Yuk kita pelajari beberapa hal tersebut. 

Mengubah Stroke Objek


Pilih stroke objek yang anda ingin ubah, pada contoh berikut, saya sudah menggambarkan objek Apel sederhana. Apel tersebut saya buat dengan Pen Tool. 



Setelah anda seleksi, pilih model brush yang anda inginkan untuk mengganti garis tersebut. Saya memilih Chalk - Scribble. 



Sehingga hasilnya seperti berikut ini. 


Silahkan berkreasi dengan model brush lainnya. Selain dengan brush yang tersedia, kita juga bisa membuat brush dengan keinginan kita sendiri. Baca tutorialnya di sini.

Membuat Pattern untuk Bingkai


Sebuah bingkai atau frame, biasanya dibuat dengan beberapa pengulangan objek. Untuk itu kita butuh pattern dan pattern tersebut bisa kita buat dengan Brush Tool. buatlah persegi atau bentuk lain sebagai dasar dari bentuk Frame anda. 



Kemudian pilih Brush Library Menu pada bagian bawah panel Brush. 


Akan ada banyak pilihan model brush. Fokus kita adalah untuk mencari Frame, jadi pilih border. 


Pada menu borders terdapat beberapa modelnya, kita pilih saja decorative. 


Silahkan pilih sesuai selera anda. Namun, terkadang kita ingin membuat border dari hasil rancangan sendiri, baca tutorialnya di sini untuk membuat Custom Borders. 

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai Brush Tool, sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Tetap latihan, tetap semangat belajarnya. 

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment