Tutorial Photoshop - Mengenal Layer (Hari Ke-5)

Berjumpa lagi di tutorial Photoshop di hari ke-5 dalam rangkaian 21 hari belajar Adobe Photoshop. Kali ini kita ngomongin Layer. Layers seperti lapisan yang ditumpukkan.
Lapisan ini digunakan pada saat bekerja agar memudahkan pengguna dalam mengatur artwork tanpa mengganggu artwotk lainnya. Mari kita simak penjelasan selanjutnya.





Semua file photoshop kebanyakan terdiri dari banyak layer. Dimulai dari layer Background, yang berupa warna latar, hingga lapisan lainnya yang berisi gambar, teks dan lain sebagainya.

Panel Layer


Jika pada jendela aplikasi Photoshop anda, Layer panel tidak muncul, silahkan ke Menu Window > Layers atau dengan shortcut key F7 pada keyboard.



Menu untuk memunculkan Layers pada Jendela aplikasi
So, Apa saja yang bisa kita lakukan pada Layers, berikut ini diantaranya


Mengatur Artwork Pada Layer


Mengatur artwork pada layer sangatlah penting. Sebuah karya biasanya terdiri dari beberapa layer. Diantaranya Background, Image, Text dan lain-lain. Urutan dari kesemuanya tergantung dari kebutuhan. Saya akan contohkan dengan contoh yang sangat sederhana.


Terdapat 3 layer, background, tulisan Cat, dan Image kucing. Secara kasat mata, posisi layer yang seperti ini tentunya salah. Namun pada suatu kasus, kemungkinan susunan layer ini yang akan kita gunakan. Nah, jika begitu, maka kita bisa mengubah posisi layer kucing ke posisi paling atas. Sehingga tampilan design kita menjadi seperti di bawah ini.


Lebih bagus kan, meskipun huruf A sebagian hurufnya tertutup, namun orang sudah dapat membacanya. Yang tidak boleh anda lakukan adalah seperti di bawah ini.


Memposisikan layer Background pada posisi paling atas :D.

Mengubah Nama Layer


Tujuannya agar memudahkan kita dalam mengelola layer. Usahakan nama layer sesuai dengan apa artwork yang ada pada layer tersebut. Klik kanan, pilih Layer Properties, maka akan muncul Dialog untuk merubah nama dan keterangan warna untuk layer tersebut.




Atau bisa juga dengan klik ganda pada nama layer, lalu ketikkan nama baru untuk layer tersebut.


Membuat, Menyembunyikan, dan Menghapus Layer

Untuk membuat layer baru, cukup mudah. Lihat pada bagian bawah panel Layer. Di situ terdapat tombol "Create New Layer". Klik 1 kali untuk menambahkan 1 layer, atau berkali-kali untuk menambahkan banyak layer.



Untuk menyembunyikan juga gak kalah mudah, klik pada Icon mata pada setiap layer yang ingin disembunyikan.



Terakhir, untuk menghapus layer. Pilih layer yang ingin di hapus, lalu arahkan mouse ke menu yang terdapat pada bagian bawah Panel Layer yang ber-icon tempat sampah.



Blending Mode pada Layer

Blending mode adalah pengaturan cepat dalam mengubah effect pada layer. Pilih salah satu layer, lalu klik pada combobox yang terdapat pada bagian atas panel layer. Di situ terdapat puluhan Blending Mode. Ubah Mode Normal ke mode lainnya. Pilih salah satu dan gunakan sesuai kebutuhan.




Untuk penjelasan setiap mode, kita bahas di kesempatan lainnya.

Grouping Layer

Grouping layer berfungsi agar kita lebih mudah lagi dalam hal mengatur tiap-tiap artwork pada layer berdasarkan kelompok. Anda tinggal menambahkan Folder Group pada layer dengan cara klik icon folder pada bagian bawah panel Layer.


Drag artwork ke dalam Group masing-masing. Disini kita membuat 2 Group, Gambar dan Teks.



Sehingga hasil akhir dari pengaturan Grouping layer akan lebih rapi seperti berikut ini.



Link Layer

Link Layer berfungsi untuk menghubungkan 2 atau lebih layer agar pada saat dilakukan perpindahan artwork bisa secara bersamaan. Caranya, klik kanan pada layer yang sudah diseleksi, lalu pilih Link Layer.


Ketika link layer sudah diterapkan, maka akan terlihat icon rantai pada masing-masing layer yang sudah dihubungkan.



untuk mengembalikan ke semula, klik kanan lalu pilih Unlink Layer.



Menggabungkan Layer

Menggabungkan layer disebut juga Merge Layer. Ini dilakukan untuk menggabungkan beberapa Layer, hasilnya layer akan menjadi satu file yang tidak bisa dipisahkan kembali ke beberapa layer sebelumnya, kecuali dengan perintah Undo. Cara menggunakannya, Seleksi layer yang ingin digabungkan, lalu klik kanan, pilih Merge Layer


Hasilnya, Layer Kucing dan Troll Face menjadi satu layer seperti di bawah ini.



Flatten Layer

Flatten layer berfungsi menggabungkan semua layer menjadi satu layer. Klik kanan pada salah satu layer, pilih Flatten Image. Maka Layer yang ada akan bergabung menjadi satu.



Hasilnya seperti ini



Oke, sekian dulu tutorialnya, semoga bermanfaat ya. Selamat belajar, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment