Tutorial Photoshop - Move Tool (Hari Ke-6)

Baca tutorial Photoshop yang membahas tentang penggunaan Move Tool di sini. 
Berjumpa lagi di tutorial photoshop hari ke-6, kali ini pembahasan kita adalah penggunaan Move Tool. Tutorial ini adalah rangkaian 21 Hari Belajar Adobe Photoshop. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya. 



Move Tool terletak pada tool menu, anda bisa mengaktifkannya dengan cara memilihnya pada Tool menu. Atau dengan Shortcut Key V pada Keyboard. 


Apa-apa aja sih yang bisa dilakukan dengan Move Tool? Selain untuk memindahkan objek (sesuai dengan namanya, Move = Gerak), Move Tool juga bisa melakukan beberapa fungsi-fungsi praktis yang berguna pada saat menggunakan photoshop. Apa saja? Berikut di antaranya. 

Memindahkan Objek 


Ini adalah fungsi utama dari Move Tool. Cara menggunakannya cukup dengan klik, lalu drag dan drop objek ke area yang ingin dipindahkan. Selain itu ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk memaksimalkan proses pemindahkan objek. Salah satunya adalah dengan menggunakan Tombol SHIFT pada keyboard.

Fungsi dari mengkombinasikan drag dengan tombol Shift adalah untuk memindahkan objek secara horizontal atau vertikal tanpa ada pergeseran. Maksudnya adalah objek yang digeser akan berpindah mendatar secara lurus. Baik itu lurus ke atas maupun ke samping. 

Hasil Moving menggunakan Tombol Shift

Multi Seleksi Objek


Masih menggunakan kombinasi drag objek dengan tombol SHIFT. Bila sebelumnya adalah untuk menggerakkan objek secara lurus baik vertikal maupun horizontal. Kali ini fungsi SHIFT adalah untuk menyeleksi banyak objek sekaligus atau biasa disebut Multiple Selection. Perbedaan cara penggunaannya adalah, untuk menyeleksi objek, tombol SHIFT harus didahulukan. Berbeda dengan menggerakkan objek pada contoh sebelumnya, tombol SHIFT ditekan setelah objek di klik.


Multiple Selection
Setelah semua terseleksi, anda bisa memindahkannya secara bersamaan. 

Objek berpindah secara bersamaan

Duplikasi Objek

Ya, menggandakan objek atau duplikasi bisa dilakukan dengan Move Tool. Cukup tekan ALT bersamaan pada saat melakukan Drag pada objek yang dimaksud, maka anda akan menghasilkan duplikasi dari objek tersebut. Pastikan untuk menekan tombol ALT terlebih dahulu, sehingga kursor berubah bentuk, lalu geser objek ke area lain untuk penempatan hasil duplikasinya. 

Seleksi ke semua objek


Bentuk kursor saat ALT ditekan

Drag dan Drop ke Area lain untuk hasil duplikat
Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan menggunakan Move Tool (V). Sekian dulu tutorial hari ini, semoga bermanfaat dan terus berlatih. 

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment