Tutorial Photoshop - History Panel (Hari Ke-8)

Kesalahan dalam pengerjaan adalah hal lumrah yang dilakukan oleh manusia. Begitu juga pada saat membuat sebuah design. Adakalanya ada tahapan yang mungkin salah dipergunakan, atau tidak perlu digunakan. Sehingga memaksa kita untuk kembali ke tahapan sebelum pengeditan dimulai.
Photoshop menyediakan fitur tersebut, sama seperti aplikasi software lainnya. Ada yang namanya Undo, yaitu kembali ke keadaan sebelumnya. Sebagai contoh, apabila anda melakukan pengeditan seperti berikut.

Sebuah gambar yang akan dimodifikasi secara horizontal
Sehingga, gambar tersebut menjadi seperti ini

Gambar sudah di flip horizontal

Nah, untuk mengembalikannya ke semula, sangat mudah. Cukup dengan Undo (Menu Edit > Undo flip canvas horizontal) atau dengan perintah keyboard CTRL + Z pada window.

Menu Edit > Undo

Maka gambar akan kembali ke semula. Namun, problem kita adalah, bila pengeditan sudah terlalu jauh. Misalkan, sesudah kita flip horizontal, kemudian gambar diberi effect filter Cutout, lalu di ubah mode warnanya menjadi Greyscale dan terakhir di crop bagian jembatannya. Dan setelah anda melakukan beberapa pengeditan, pada satu ketika anda ingin kembali ke pada tahapan tertentu. 

Photoshop sudah menyadari akan hal ini, sehingga ada yang namanya History Tool. Photoshop merekam semua aktivitas kita pada saat pengeditan ke dalam History Panel. Jika kamu dalam mode workspace Essential maka kamu bisa melihat panel History di daerah berikut.

Posisi Panel History pada Lembar kerja (Workspace) Essentials

Namun jika anda menggunakan mode Workspace lain, dan tidak mendapati panel history seperti di atas, maka pilih menu Window

Memunculkan panel History melalu menu bar
Untuk mengetahui cara kerja dari Tool History, mari kita praktekkan hal sederhana berikut. Buka sebuah file gambar, lalu modifikasi sedemikian rupa. Pada contoh berikut, kita akan coba untuk menambahkan teks saja.

Menambahkan Teks pada image
Pada proses penambahan Teks tersebut, ada beberapa tahapan yang dilalui, mulai dari pemilihan tool Text, pemilihan jenis font, warna, dan memindahkan posisinya. Semua aktivitas itu terekam di History Panel. 

Keterangan aktivitas di History Panel

Jika anda mengarahkan indikator pada history panel ke aktivitas sebelumnya, maka secara otomatis, pengeditan akan kembali ke awal. 

Kembali ke saat pemilihan font pada history panel
Terlihat pada gambar di atas, perubahan kondisi ke awal pada saat pemilihan character style. Terlihat kelebihan dari History dibandingkan Undo, dikarenakan memungkinkan kita untuk kembali ke posisi semula lebih mudah dikarenakan terdata pada list history panel. 

Sekian penjelasan Tool History, semoga bermanfaat.

Subscribe for latest Article and Tutorial


3 komentar: