Tutorial Illustrator - Mengatur Object, Layer, & Group (Hari Ke-9)

Simak penjelasan mengenai kemudahan bekerja menggunakan Layer dan Group di sini.

Suatu saat nanti, ketika anda bekerja dengan illustrasi yang rumit, anda akan kesulitan apabila pekerjaan anda memaksa anda membuat banyak objek. Untuk itu anda perlu paham tentang layer dan juga tentang pengelompokkan objek-objek ke dalam grup.


Mari kita pelajari tentang apa-apa saja yang ada di panel Layer. Bagi anda yang tidak bisa menemukan Panel Layer di sebelah kanan User Interface Adobe Illustrator anda, silahkan menuju ke menu Window > Layer, atau bisa melalui shortcut F7.



Perhatikan gambar berikut ini untuk mengenal dan memahami fungsi masing-masing fitur pada panel layer adobe illustrator.


Berikut ini fungsi-fungsinya :

Visibility Layer : Untuk menyembunyikan layer dari pandangan mata pada lembar kerja, ini memudahkan anda untuk mencari posisi objek tersebut pada layer.

Layer Name : Berfungsi untuk pemberian nama pada layer, sehingga memudahkan anda dalam mengorganisir layer.

Delete Layer : Klik pada layer, lalu klik tombol ini untuk menghapus layer.

Lock Layer : Untuk mengunci layer, agar layer yang dimaksud tidak bisa dilakukan apa-apa terhadapnya.

New Layer : Menambahkan layer baru pada lembar kerja anda

New Sublayer : Menambahkan layer di bawah layer yang anda pilih, disebut dengan sublayer.


Mengatur Objek

Mengatur objek adalah salah satu dari beberapa fungsi dari panel Layer. Anda bisa memindahkan objek menjadi berada paling depan atau ke belakang. Secara harfiah, Layer berarti lapisan. Jadi, layer berfungsi mengatur objek pada lapisan tertentu. Misalkan pada gambar berikut ini.




Layer Bike berada di bawah layer Efek Kecepatan 1 sehingga tampak pada gambar tersebut, efek kecepatan 1 menutupi Motor pembalap tersebut.

Bila anda ingin mengubah posisi layer, klik dan drag layer yang dimaksud lalu drop di posisi yang anda inginkan.



Mengelompokkan Objek

Mengelompokkan objek atau Grouping Object adalah menggambungkan beberapa objek serupa, atau berbeda menjadi satu kesatuan. Fungsinya jelas, hal ini memungkinkan anda untuk menggeser, atau memindahkan objek secara bersamaan dengan sekali perintah. Misalkan pada contoh berikut,



Efek Kecepatan yang ada pada layer background telah digabung menjadi satu kelompok, sehingga pada saat dilakukan drag, semua objek bergerak pindah, dan itu memudahkan anda dalam bekerja.


Itulah sedikit penjelasan mengenai cara mengatur objek pada layer dan mengelompokkan objek-objek tersebut ke dalam satu kesatuan (Grouping). Sampai jumpa di tutorial berikutnya, semoga bermanfaat. Selamat belajar.

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment