Tutorial Illustrator - Bekerja dengan Color & Strokes (Hari Ke-8)

Ingin memahami cara menggunakan Color & Strokes di Adobe Illustrator, silahkan baca di sini.

Yang akan kita pelajari pada tutorial kali ini adalah Mewarnai Fill dan Stroke melalui Color Swatches, Color Picker, Control Panel, Memahami Gradient, Stroke Caps dan Corner, Pattern dan lain sebagainya. Jadi, keep stay tuned di sini ya.



Ok, jangan berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas tentang bekerja dengan warna. Untuk warna tentunya sudah pada tahu, bahwa setiap objek minimal terdiri dari Fill dan Stroke. Fill adalah bagian dalam dan stroke adalah bagian luar, atau sering disebut Outline. Fill dan Stroke membolehkan kita untuk mengubah warna-warna mereka. Bagaimana caranya, untuk itulah kita akan membahasnya di sini sampai tuntas. Mari kita mulai.


Mengubah warna melalui Color Swatches

Sebelumnya, munculkan terlebih dahulu panel tool Swatches. Klik menu Window, pilih Swatches.

Color Swatches Tool
Lalu buatkan sebuah objek sebagai sampel untuk latihan pewarnaan. Saya gunakan Star Tool. Kemudian untuk menngubah warnanya, cukup mudah. Tinggal seleksi objek, lalu arahkan kursor ke salah satu warna yang ada di Color Swatches panel. Maka warna dari objek akan berubah.


Mengubah warna melalui Color Picker

Kelebihan dari mengubah warna melalui Color Picker adalah kita bisa memilih warna dengan lebih kompleks, dikarenakan kita bisa mengubah perubahan warna dengan custom sesuai selera dengan cara mengeser slide atau langsung klik di area warna yang diinginkan. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Klik pada Fill Color yang ditunjukkan dengan nomor 1, maka akan muncul color picker untuk pilihannya.

Mengubah warna melalui Color Palette
Untuk memunculkan Color Palette, silahkan klik menu Window > Color. Maka akan muncul Palette berikut ini.

Bisa dikatakan bahwa, Color Palette adalah versi mini dari Color Picker. Karena pilihan pengaturannya tidak jauh berbeda, hanya ukuran dialog panelnya yang berbeda.


Mengubah warna objek menjadi Gradient
Untuk dapat mengaplikasikan warna gradient pada objek. Klik terlebih dahulu mode Gradient berikut. Ada di bagian bawah dari Fill Color pada toolbar.


Secara default, warna awal dari mode gradient akan berwarna putih menuju hitam seperti gambar di atas. Bagaimana cara mengubah warnanya sesuai selera kita? Perhatikan cara berikut. Jangan lupa untuk mengaktifkan Panel Gradient melalui menu Window > Gradient (SHIFT+F9).

Secara Default, mode warna pada Color Gradient adalah Greyscale. Ubah menjadi RGB atau CMYK dengan cara klik pada opsi di bagian sudut kanan panel Color.


Munculkan Option tambahan dengan klik pada bagian kanan atas panel Gradient. Pilih Show Options.

kemudian tinggal pilih warna pada sliding tersebut.


Dan untuk sliding warna satu lagi.


Untuk mengubah posisi warna gradient merah dan kuning, bisa diatur melalui angka pada kolom ini.



Kemudian untuk mengubah tipe dari gradient apakah Linear atau Radial, bisa melalui Type.



Membuat Pattern Fill

Pattern adalah gambar pola yang biasanya berulang-ulang pada sebuah bidang. Misalkan saja pola pada pakaian batik, itu bisa disebut dengan pattern. Nah untuk menerapkan pattern pada objek di adobe illustrator cukup mudah. Seleksi objek yang dimaksud, lalu pilih pada panel Swatches seperti berikut gambar di bawah ini


Pada beberapa pilihan warna di atas terdapat beberapa Pattern yang tersedia. Namun untuk mengaktifkan semua pattern yang ada, silahkan klik pada menu di bawah panel Swatches yaitu Swatch Libraries Menu.


maka akan muncul beberapa pilihan baik itu pilihan warna dan pattern. Untuk Pattern, pilih pilihan Pattern. Lalu klik salah satu tipe dari pattern yang ada.



Kemudian akan muncul panel Swatches khusus pilihan pattern seperti berikut. Dan pilih sesuka anda.



Mengubah Warna Stroke Melalui Control Palette

Stoke atau biasa disebut Outline pada dasarnya, stroke yang ada pada objek adalah hitam, tentunya kita bisa merubahnya. Untuk merubah properti Stroke, silahkan menuju Control Palette. Melalui control palette, kita juga bisa merubah warna dari fill objek.



Ada banyak menu pilihan untuk mengubah property dari objek yang dibuat. Fill, Stroke, Variasi Brush, ketebalan stroke, dan lainnya.



Stroke Caps & Corner

Bila pada layar kerja anda tidak terdapat Panel Stroke, anda bisa mengaktifkan panel Stroke melalui menu Window > Stroke.
Stroke Caps adalah bentuk ujung dari Stroke pada objek. Pengaturan ini akan membedakan sebuah objek yang berbentuk garis atau objek yang tidak tertutup ujungnya.


Selain itu ada yang namanya Stroke Corner, yang fungsinya adalah membedakan bentuk sudut dari objek yang dibuat.



Itulah penjelasan mengenai cara bekerja dengan Color dan Strokes. Ikuti terus tutorial selanjutnya dalam rangkaian 21 Hari Belajar Adobe Illustrator. Semoga bermanfaat, tetap latihan.

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment