Tutorial Photoshop - History Panel (Hari Ke-8)

Pahami penggunaan History Panel untuk memudahkan anda dalam bekerja.
History Panel adalah sebauh panel yang berfungsi menyimpan langkah-langkah atau proses editing yang kita lakukan pada saat bekerja di Photoshop. Berbeda dengan Undo/Redo yang juga mampu mengembalikan langkah-langkah sebelumnya, History Panel memungkinkan kita untuk melompati beberapa langkah ke belakang dan maju kembali ke depan sesuai dengan keinginan kita.



Cukup dengan pembahasan teorinya, langsung kita perhatikan contohnya.

Saya sudah menyiapkan sebuah lembar kerja photoshop yang sudah melewati beberapa proses editing.


Bila Panel history anda tidak muncul pada lembar kerja, klik menu Window > History.


Lalu perhatikan pada panel tersebut. Tampak beberapa langkah yang telah kita lakukan terhadap foto tersebut. Mulai dari Open File, hingga pengaplikasian efek posterize pada langkah terakhir.


Dengan panel History ini, anda bisa melompat ke langkah sebelumnya. Hal ini anda perlukan ketika suatu waktu anda melakukan kesalahan. Klik langkah yang anda anggap adalah langkah terakhir yang benar anda lakukan.


Maka editan pada foto akan kembali ke semula. Namun bila anda berubah pikiran bahwa itu adalah langkah yang sudah benar, anda tinggal klik kembali Editan terakhir.

Ingat, jika anda sudah kembali ke langkah awal, lalu melakukan editan baru, maka editan yang tadinya sudah anda lakukan tidak akan ada lagi pada panel History. misalkan saja anda sudah kembali ke edit Curve, lalu anda melakukan perubahan warna Black dan White. Maka, proses editan Level dan Posterize yang telah anda lakukan sebelumnya sudah tidak termasuk ke dalam panel history.


Itulah penjelasan singkat mengenai Panel History. Simak tutorial photoshop selanjutnya dalam rangkaian 21 Hari belajar adobe Photoshop. Semoga bermanfaat.

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment