Tutorial CorelDraw - Menyesuaikan Teks pada Objek (Wrapping Text)

Simak penjelasan mengenai bagaimana menyesuaikan teks pada objek (Wrapping Text) pada artikel ini.



Kali ini kita masuk ke pembahasan tentang teks terkait dengan penyesuaian teks terhadap objek. Tutorial ini adalah lanjutan dari rangkaian 21 hari belajar CorelDraw yang membahas tentang bekerja dengan teks yaitu tutorial hari ke-11 CorelDraw.


Wrapping text adalah penyesuaian posisi teks terhadap objek atau gambar yang ada pada dokumen atau desain yang sedang kita buat. Kebanyakan desainer menggunakan Indesign, khususnya pada saat mendesain layout majalah, buku, atau koran. CorelDraw juga mampu untuk membuat hal tersebut.

Bagaimana caranya? Yuk kita simak secara mendetail.

Sering membaca majalah? minimal pernah kan? Koran boleh juga, pasti kamu pernah baca koran, minimal kamu (cowok) pasti pernah melihat bagian koran yang membahas tentang Olahraga.


Apa yang bisa kamu lihat dari gambar di atas? Cristiano Gonzales yang masih malu-malu pasang target. Ya, tapi bukan itu yang akan kita bahas. Yang akan kita bicarakan di sini adalah desain layout untuk berita tersebut.


Sekarang sudah jelas? lihat bagian teks yang saya beri tanda merah. Itulah yang dimaksud dengan Wrapping Text. Meskipun kita tahu bahwa untuk sekelas majalah atau koran biasanya menggunakan Software Adobe Indesign, namun bila kita sudah terlanjur cinta dengan CorelDraw, mau tak mau CorelDraw mesti kita tuntut untuk bisa melakukannya.

Ya, CorelDraw mampu membuat hal tersebut kok. Langsung saja kita cek bagaimana sih caranya. Kita bahas dari hal mendasar terlebih dahulu ya.

Menyesuaikan Teks pada Objek

Kita mulai dengan hal dasar yaitu membuat teks yang menyesuaikan bentuk-bentuk dasar seperti bentuk objek berikut. Silahkan dibuat.

Dengan teks generator Lorem Ipsum yang bisa kita dapatkan di sini.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nulla condimentum sem nisi, a rutrum dolor congue eu. Phasellus laoreet magna ut fermentum finibus. Suspendisse potenti. Maecenas pharetra libero eget diam varius laoreet. Mauris et magna porta enim ornare vulputate sit amet vel ante. Aenean pharetra, eros ut venenatis dapibus, magna risus consectetur sem, vitae dignissim dolor nulla eu nulla. Pellentesque ac porta lorem. Nam ante lorem, feugiat semper porta eget, ultricies ut velit. Ut at mollis turpis. Morbi convallis rhoncus justo eu tincidunt. Vestibulum dictum leo nec est eleifend, a vestibulum neque tristique.

Nah, ketika teks tersebut sudah anda copy, siap-siaplah untuk mem-paste-kannya ke dalam objek yang telah kita siapkan.

Sebelumnya, pilih text tool (F8), lalu arahkan kursor mendekati objek yang telah kita buat. Ingat, pada kursor yang muncul haruslah tanda AB di dalam kotak bukan A dengan garis lengkung di bawahnya.

Klik pada saat muncul edge dengan tanda AB dalam kotak seperti gambar yang sebelah kanan.





Jelas ya?

Kemudian klik, maka akan terlihat bahwa objek sudah menjadi sebuah tempat untuk menulis teks.



lalu pastekan teks yang sudah ter-copy tadi.

Lihat, teks tersebut sudah bersesuaian dengan objek. Tinggal mengatur ulang jenis font, ukuran dan properti lainnya.

Lakukan perataan kiri kanan, ubah jenis huruf dan ukurannya.



Terakhir, hilangkan objek dengan menghapus menggunakan Delete pada keyboard, atau menghilangkan warnanya saja menggunakan color palette pilih No Outline.


Selesai, Teks anda sudah menyesuaikan pada objek.

Yuk Latihan 

Coba kita buat sebuah latihan dengan hasil yang lebih baik. Hasil akhir yang akan kita dapatkan adalah seperti ini.


Hal penting yang belum kita pelajari dari desain di atas adalah bagaimana membuat objek untuk teks mengikuti objek gambar tersebut.

Berikut ini caranya.

Pertama-tama, buatlah shape dasar, rectangle tool sebanyak dua buah sebagai kolom untuk teks.


Kemudian, agar shape tersebut bisa diubah bentuknya, yang harus anda lakukan adalah convert to curve (baca tutorialnya di sini). Gunakan Shape Tool untuk melakukan convert to curve.




Lalu klik kanan pada shape yang sudah berubah menjadi Curve dan pilih add (add node). 


Tambahkan Node pada bagian yang akan kita lakukan sebuah Curve. Lalu klik To Curve pada bagian yang memang perlu untuk dilengkungkan.



Seperti ini.


Langkah terakhir adalah pastekan teks anda pada shape dan hasilnya akan seperti ini.


Dan lakukan juga hal yang sama pada bagian shape rectangle yang menjadi kolom kedua. Hingga hasil akhirnya menjadi seperti ini.


Ok, itulah tutorial singkat dan sederhana mengenai bagaimana menyesuaikan teks pada objek. Dan pada akhir tutorial kita juga sudah membuat sebuah latihan.

Sekarang silahkan kembali ke penjelasan selanjutnya mengenai Bagaimana bekerja dengan teks 

Selamat belajar, semoga menginspirasi anda

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment