Tutorial Illustrator - Transformasi dan Pergerakan Objek (Hari Ke-11)

Pelajari tentang transformasi dan pergerakan objek pada tutorial berikut ini.

Berjumpa lagi dalam tutorial Adobe Illustrator. Kali ini kita akan membahas tentang transformasi (perubahan bentuk) dan pergerakan objek. Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial 21 Hari Belajar Adobe Illustrator.



Ok, tidak perlu banyak pembahasan mengenai pembukaan. Langsung saja kita masuk ke pokok pembahasan. Pelajaran hari ini kita mulai dari perubahan ukuran (skala), memindahkan objek, memiringkan objek, rotasi serta cerminan objek akan kita bahas satu persatu. 

Mengubah Ukuran (Resizing)

Untuk pelajaran kali ini, siapkan sebuah objek. Objek bisa persegi, lingkaran, atau terserah anda, Kali ini saya menggunakan persegi.

Cara 1 

Mengubah ukuran dengan cara pertama adalah sebagai berikut.
Seleksi objek, maka akan muncul titik-titik bantu pada setiap sudut dan sisi dari objek. Kemudian tarik ke arah yang diinginkan. Untuk menjaga bentuk tetap proporsional, jangan lupa untuk menekan tombol SHIFT pada keyboard sambil melakukan drag.






Cara 2 

Untuk mendapatkan hasil perubahan ukuran tetap berada pada posisi center dari objek awal. Tekan Tombol ALT bersamaan dengan tombol SHIFT jika anda ingin mengubah bentuk secara proporsional.


Memutar Objek (Rotating)

Untuk pelajaran memutar objek kita gunakan persegi panjang, agar lebih mudah melihat perbedaan hasilnya.

Cara 1 

Untuk dapat memutar objek, seleksi objek terlebih dahulu. Kemudian arahkan kursor/mouse anda ke bagian sudut dari objek tersebut. Terus berada pada bagian sudut objek sampai terlihat tanda panah yang melengkung. Perhatikan gambar.

tunggu hingga tanda itu muncul

Lalu arahkan ke arah yang anda inginkan, searah atau melawan jarum jam

Cara 2 

Jika anda ingin mengubah sumbu rotasi, seleksi objek lalu pilih Rotate Tool pada toolbox.

Pilih objek dan Rotate Tool

Klik kemana sumbu baru berada

putar searah atau berlawanan jarum jam. 


Cara 3 

Suatu saat anda mungkin perlu melakukan rotasi dengan angka yang spesifik mengenai besaran sudut putar. Anda bisa melakukannya melalui panel Rotate. Bisa diakses melalui menu Object > Transform > Rotate.


Ketika dialog muncul, anda tinggal mengisi angka besaran sudut pada kolom angle. Klik Ok atau Copy untuk menggandakan hasil putaran objek. 




Memiringkan Objek (Shearing)

Memiringkan objek sangat mudah. Tinggal klik Shear Tool, lalu tarik objek ke arah yang inginkan. Klik Shear Tool pada Toolbox. Tool ini terletak satu kelompok dengan Scale Tool dan Reshape Tool.



Cara penggunaannya, Klik terlebih dahulu titik sumbu pada objek sebagai orientasi dari kemiringan yang akan dibuat. Lihat titik pada bagian tengah obje di bawah ini.


Lalu lakukan drag ke arah yang anda suka sebagai hasil dari kemiringan yang anda inginkan.

Transformasi Objek Sekaligus

Kita dapat mentransformasi objek sekaligus dalam Adobe Illustrator. Perhatikan contoh berikut ini. Saya sudah menyiapkan beberapa objek segitiga. Dan saya ingin mengubah rotasi dan ukuran dari objek segitiga berikut. Masing-masing mendapat rotasi 15 derajat dan pembesaran skalanya sebesar 120 persen.

Caranya, klik menu Object > Transform > Transform Each... atau bisa juga melalui Shortcut Key ALT+SHIFT+CTRL+D. Jangan lupa untuk menyeleksi terlebih dahulu semua objek yang ingin ditransformasi.


Maka akan muncul dialog berikut.


Isi angka sesuai yang anda inginkan. Sesuai perjanjian tadi, saya mengubah scala baik horizontal maupun vertical sebesar 120% dan Rotasi sebesar 15 derajat. Disitu terdapat juga properti untuk nilai perpindahan, yaitu Move. Kemudian anda bisa mengaktifkan mode preview untuk melihat hasil secara langsung.

Jika sudah, klik Ok atau Copy untuk menggandakan hasilnya.

Satu lagi, pada bagian centang Preview, terdapat pilihan Random. Klik pilihan tersebut, dan hasilnya akan acak seperti ini.


Random tersebut akan mengacak ukuran pembesaran dari 0-120 % sesuai yang kita isi. Begitu juga dengan nilai pada Rotate, pilihan random akan mengacak nilai putaran dari 0-15 sesuai dengan yang kita mau.

Pengulangan Objek Terakhir

Jika anda mengikuti tutorial lainnya di blog ini, anda pasti telah membaca tutorial CorelDraw tentang Undo, redo dan repeat. Pengulangan Objek terakhir yang dimaksud di sini hampir sama dengan Repeat pada CorelDraw. 

Siapkan objek anda. Kemudian gandakan ke arah posisi hasil penggandaan ingin dimunculkan. 


Hasil penggandaan akan diarahkan ke bawah objek asli. 

Di sini anda tinggal melakukannya kembali, namun hal tersebut dimudahkan. Yaitu cukup dengan cara klik CTRL+D. Fungsi ini akan menjalankan atau mengulangi perintah terakhir yang telah kita lakukan barusan, yaitu menggeser dan menggandakannya. So, hasil akhir setelah kita melakukan hal tersebut adalah seperti ini. 


terakhir, Refleksi

Refleksi atau Reflecting adalah cerminan. Cerminan di sini memiliki arti yaitu melakukan pencerminan dari bentuk objek asli. 

Caranya cukup mudah, klik objek yang sudah dibuat. Lalu menuju ke menu Object > Transform > Reflect.  


Maka akan muncul Dialog seperti ini. 


Terdapat pilihan refleksi secara horizontal maupun vertical. Serta nilai besaran sudut refleksi. Pilih preview untuk melihat hasil dan Copy untuk menggandakan hasil. 


Saya rasa cukup sampai di sini saja penjelasan mengenai Transformasi dan pergerakan objek, mulai dari perubahan ukuran (skala), memindahkan objek, memiringkan objek, rotasi serta cerminan objek telah kita bahas satu persatu. 

Sekian dulu untuk hari ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi anda untuk terus belajar. 

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment