Adobe Illustrator VS Adobe Photoshop, Siapa yang Menang?

Simak kehebatan masing-masing Software grafis berikut ini.



Sebenarnya Aplikasi grafis ini tidak cocok untuk dipertandingkan, Salah satu alasannya adalah, karena mereka berasal dari tempat yang sama, yaitu Adobe. Mungkin bila diadu dengan software serupa namun beda pabrikan bisa saja. Alasan lain, ya karena mereka berbeda dari segi fungsi pemakaiannya.



Nah, apa saja sih perbedaan lainnya dari Adobe Illustrator dan Photoshop? Berikut ini ada infographic dari M.A Kather, Seorang designer grafis yang berasal dari Chennai, India. Silahkan disimak.

Tahun lahir

Adobe Illustrator muncul pada tahun 1987 sedangkan Photoshop 3 tahun setelahnya.


Versi Pertamanya

Berikut ini preloader saat versi pertama dari kedua software ini rilis. Jadul banget masih ya gan, hehe


Digunakan untuk...

Illustrator digunakan untuk keperluan karya yang berbasis Vector, sedangkan Photoshop berbasis pixel. Perbedaan Vector dan Pixel akan kita bahas di sini.


Dipakai oleh...

Adobe Illustrator dipakai oleh Designer, desainer yang dimaksud adalah designer yang bergerak di bidang grafis bagian desain ilustrasi, icon, logo dan semacamnya. Sedangkan Adobe photoshop dipakai oleh Artist, baik itu seniman fotografi, pelukis, digital painting, dan semacamnya.


Kemampuan Zooming

Kemampuan Zooming aplikasi Grafis berbasis vector tidak terbatas. Tidak terbatas artinya meskipun di zoom berapa kalipun tidak akan menghasilkan gambar yang pecah atau blur. Berbeda dengan photoshop, karena aplikasi ini berbasis Pixel bitmap, maka kemampuannya hanya sampai 300% dan itupun menghasilkan gambar yang nge-blur. 


Clipping Mask

Clipping mask pada adobe illustrator berada di atas objek, sedangkan Photoshop adalah kebalikannya, yaitu di bawah objek. 



Selection

Seleksi pada adobe illustrator memungkinkan kita untuk dapat langsung mengubah ukuran atau transfotmasi objek, sedangkan photoshop hanya bersifat menyeleksi area dari objek dan hanya bisa melakukan cut atau memberi warna pada area seleksi.  


Layers

Layer Adobe Illustrator bisa menampung bayak objek, sedangkan Photoshop hanya bisa menampung satu objek dalam satu layer. 


CTRL + Z (Undo)

Adobe Photoshop kalah telak di bagian ini, ia hanya bisa mundur satu langkah, sedangkan Adobe Illustrator bisa mundur hingga ke permulaan. Namun Adobe Photoshop dibekali History Tool, yang bisa membuat mundur ke posisi semula. 


Work Area

Work area juga menjadi sebuah perbedaan di keduanya. Illustrator memberi ruang kerja bagi kita meskipun di luar area kerja, berbeda dengan Photoshop, area kerja ya seluas area kerja. Tidak boleh sampai keluar meja.

Kecepatan Waktu Simpan

Tak hanya lambat dari segi waktu, Adobe Photoshop juga memakan banyak tempat penyimpanan. File sourcenya memiliki ukuran yang besar, sedangkan Adobe illustrator mengkonsumsi tempat penyimpanan sedikit dan memiliki kecepatan waktu simpan yang cepat. 


Itulah perbedaan dari kedua Software Grafis yang terkenal handal ini. dari beberapa yang ditunjukkan oleh M.A Kather, kemungkinan ia adalah pengguna Adobe Illustrator, banyak point-point kelemahan Adobe Photoshop yang ditunjukkan, sehingga dari Infografik tersebut terlihat bahwa photoshop lemah. :D

Bagaimana dengan anda yang mencintai Photoshop? Punya balasan untuk infografik tersebut?

Sumber : https://www.behance.net/gallery/25772653/Illustrator-Vs-Photoshop



Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment