Perbedaan Warna CMYK dan RGB

Baca perbedaan warna antara CMYK dan RGB pada artikel berikut ini.


Baru saja saya mengalami kekeliruan ini. Ya, CMYK dan RGB adalah dua tipe warna yang berbeda. Masing-masing memiliki fungsi yang tak sama. Sebelumnya saya memang menyadari betul perbedaan kedua warna ini.



Dulu saya pernah bekerja pada sebuah percetakan. Seorang Teknisi yang bertugas pada mesin printing mengomeli saya berkali-kali karena file desain yang sudah selesai saya buat menggunakan format warna RGB.

Namun setelah itu, hal itu tidak terulang lagi. Saya mencari tahu perbedaannya, ternyata jelas bahwa CMYK dan RGB berbeda dalam hal proses akhir.

Warna bertipe CMYK digunakan untuk kebutuhan printing sedangkan RGB untuk kebutuhan tampilan pada layar komputer atau PC.

Bila kita perhatikan pada Printer, terlihat bahwa warna yang tersedia adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow dan blacK).

Adapun perbedaan warna RGB dan CMYK, secara sederhana dapat dijelaskan seperti ini :
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).
Sedangkan CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain. - via http://www.desainstudio.com/2010/06/perbedaan-rgb-dan-cmyk-menghindari.html




Barusan saya melakukan kesilapan lagi, saat mengupload FB cover. Saya keliru dan melupakan hal yang sudah saya alami kala kerja di percetakan dulu.


Sekilas tak tampak berbeda, padahal kedua hasil ekspor tersebut adalah CMYK dan RGB. Hal tersebut saya bandingkan setelah kekeliruan ini terjadi.

Saya mengupload untuk menjadikannya sebagai cover pada facebook. Hasilnya berbeda.



yang membuat saya tidak sadar tentang penggunaan warna CMYK dan RGB adalah karena perbedaan itu hanya terlihat saat saya melakukan upload ke sosial media facebook. Toh ketika saya ekspor hasilnya sama seperti pada saat saya membuatnya.

Akhirnya saya sadar saat melemparkan kasus ini dalam bentuk pertanyaan, dan inilah keuntungan punya teman banyak apalagi yang mengerti tentang dunia desain. Jawaban mereka akhirnya menyadarkan saya tentang kealpaan mengenai perbedaan CMYK dan RGB.

Bagi anda yang ingin mengetahui perbedaannya lebih dalam, silahkan ke sini.
http://www.desainstudio.com/2010/06/perbedaan-rgb-dan-cmyk-menghindari.html

Semoga bermanfaat

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment