Tutorial Illustrator - Transparency, Blending Mode & Graphic Style (Hari Ke-10)

Simak penjelasan tentang transparency dan graphic style pada adobe Illustrator di postingan berikut ini.

Berjumpa lagi di tutorial Adobe Illustrator dalam lanjutan 21 hari belajar Adobe Illustrator. Kali ini kita akan membahas tentang Transparency atau tembus pandang dan Graphic Style.



Efek transparan sangat berguna bagi anda yang suka bermain dengan desain yang eye catching. Artinya, desain yang sedap dipandang mata, salah satunya adalah illustrasi yang menerapkan sebuah pencahayaan yang mengakibatkan perubahan warna yang cantik dan penggunaan bayangan pada objek.

Contoh desain yang eye catching - via http://mycreativedaddy.com/25-eye-catching-business-card-designs-for-your-inspiration/
Kita juga akan mempelajari bagaimana cara membuat sebuah objek dengan perubahan graphic style-nya secara cepat pada tutorial kali ini. So, tetap membaca sampai akhir ya.

Ok, mari kita bahas tentang Transparency terlebih dahulu.

Memahami Transparency

Transparency atau transparan adalah kadar tembus pandang dari sebuah objek. Nilai dari tranparancy diukur dengan persentase. Semakin kecil angka yang digunakan, semakin tinggi nilai transparan dari objek yang kita terapkan. 

Salah satu fungsi dari transparency adalah dapat menghasilkan sebuah varian warna baru dari dua buah objek yang memiliki warna berbeda. 

Mari kita lihat contoh berikut ini. Buatlah tiga buah objek seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut 


Kemudian buka menu transparancy melalui menu Window > Transparency (Shift + Ctrl + F10). 



Dalam keadaan ketiga objek terseleksi, ubah Opacity menjadi 50. Itu artinya, kita akan membuat objek menjadi tembus pandang menjadi 50% atau setengah bagian. 



Hasilnya terlihat dan menghasilkan beberapa warna baru di tiap bagian yang berpotongan dengan objek satu dengan yang lainnya. 



Nah, dari Transparency inilah kita bisa membuat sebuah graphic yang eye catching seperti sampul buku yang sebelumnya saya tampilkan. Bagaimana caranya? Lihat di tutorial berikut ini. 

Blending Mode

Selain transparency untuk membuat objek transparan dan menghasilkan warna baru, kita juga bisa mengaplikasikannya dengan teknik Blending Mode. Pada Photoshop Blending Mode sangat terkenal, mungkin anda juga sudah pernah dengar dan menggunakannya. 

Pada Illustrator kita bisa menggunakannya melalui Panel Transparency juga, menu ini terdapat di samping dari pada Opacity. 




Kelebihan dari Blending Mode adalah, dia dapat mengkombinasikan warna objek yang bertindihan dengan sangat baik dan cermat. 



Mari lihat contoh, masih dengan ketiga objek yang kita gunakan sebelumnya. 



Menggunakan Graphic Style

Ilustrator telah menyediakan pengaturan cepat untuk merubah gaya dari sebuah objek. Anda tinggal pilih dan klik, maka objek akan berubah dengan style yang diinginkan. 

Untuk mengaktifkan menu Graphic Style, silahkan ke menu Window > Graphic Style (Shift + F5). 




Untuk mempraktekkannya, cukup dengan seleksi pada objek yang ingin diubah. Lalu pilih salah satu graphic Style yang tersedia. 



Anda bisa mengaktifkan beberapa pilihan graphic style lainnya pada menu disudut panel Graphic Style. 


Di situ terdapat banyak style yang bisa anda gunakan sesuka anda. Namun jika itupun tidak memuaskan anda, anda bisa membuat style anda sendiri dan menyimpannya menjadi Graphic Style (Custom) melalui pilihan New Graphic Style. 


Hal ini akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya. 

Itulah ketiga pembahasan kita hari ini, Transparency, Blending Mode, dan Graphic Style. Pada pertemuan lainnya akan kita bahas secara mendetail masing-masing dari ketiga hal tersebut.

Sekian dulu tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi anda untuk terus belajar. 

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment