Tutorial CorelDraw - Artistic Text

Simak penjelasan mengenai Artistic Text di sini.



Teks pada CorelDraw terbagi ke dalam dua bagian jika dilihat dari segi pengetikkannya. Jika yang diketik adalah untuk judul yang mana akan banyak dilakukan pengeditan bentuk, gaya, warna, dan lain sebagainya, maka teks tersebut dibuat sebagai Artistic Text.



Sebaliknya, jika teks yang diketik adalah bagian dari isi yang terdiri dari beberapa baris hingga alenia, maka teks ini dibuat menggunakan paragraph text. Seperti isi buku atau majalah/koran.

Ok, langsung saja kita cek bagaimana cara menggunakan Artistic Text.

1. Menambahkan Teks

Klik Text Tool pada toolbox atau melalui shortcut F8.



Lalu klik kiri pada lembar kerja,

dan mulailah mengetik sebuah kata atau kalimat.

2. Mengubah Ukuran Teks

Secara default, pada saat anda mengetikkan teks pertama anda, maka yang muncul adalah teks yang berukuran 24pt. yang mana kita tahu bahwa standar huruf pada dokumen yang biasa kita print adalah 12pt. Biasanya pada software pengolah data dokumen seperti Ms Word dan Excel menggunakan standar 11-12pt.

Lantas bagaimana cara mengubah ukuran teks pada CorelDraw? Caranya ada 2, bisa melalui kolom nilai properties dari teks.


atau langsung melakukan resizing seperti resizing objek yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya. Klik pada objek, maka akan muncul titik-titik pada setiap sudut yang bisa kita drag untuk memperbesar atau memperkecil ukuran font.



3. Mengubah Font 

Mengubah font hampir sama dengan mengubah ukuran barusan, yaitu melalui properties teks tersebut. Langsung saja diubah pada bagian menu bar, di situ terdapat properties untuk mengubah jenis font. 



4. Mengatur Teks dengan Shape Tool

Pengaturan teks yang bisa dilakukan dengan Shape Tool adalah dari segi posisi huruf dan spasi antar huruf maupun antar baris. 

Mengatur Posisi Huruf

Kita mulai dengan membahas pengaturan posisi huruf, klik shape tool pada toolbox. Jangan lupa untuk menyeleksi teks terlebih dahulu.


Maka akan terlihat titik persegi putih kecil di setiap bagian huruf. 

Klik dan drag ke arah manapun yang anda inginkan.
 Lalu lakukan drop, maka huruf pada teks tersebut akan berpindah ke posisi baru.


Mengubah Spasi Antar Huruf


Selanjutnya untuk mengubah spasi antar huruf, perhatikan indikator berikut ini.




Klik lalu lakukan drag, ke kanan untuk mengubah spasi antar huruf menjadi lebih jarang atau melebar. 


Dan ke kiri untuk merapatkan atau mempersempit jarak spasi


Mengatur Spasi Antar Baris

Selain mengubah spasi antar huruf, Shape Tool juga bisa mengubah spasi antar baris, tentunya kata yang anda buat harus lebih dari satu baris (u don't say)


Drag ke atas untuk memperkecil spasi antar baris, atau ke bawah untuk memperbesar spasinya. 



5. Mengedit Teks

Mengedit teks secara gamblang bisa dilakukan dengan cara cepat dan mudah, yaitu langsung saja double click (klik ganda pada teks tersebut). Namun bisa saja suatu saat Mouse anda rusak, dan tidak bisa melakukan double click. 

Maka anda bisa melakukannya dengan cara klik F8 terlebih dahulu, lalu arahkan ke bagian teks, maka kursor anda akan berbentuk seperti ini. 


Itu tandanya, anda bisa mengedit teks tersebut. Klik dan lakukan perubahan.

Cara selanjutnya adalah melalui Edit Text. Menu tersebut terdapat pada menu Text > Edit Text atau bisa juga melalui ShortCut SHIFT+CTRL+T.




Ok, kita sudah membahas 5 hal penting yang sangat mendasar dari Penggunaan Teks terutama mengenai Artistic Text. Mulai dari menambahkan teks, mengubah ukuran, font, mengatur teks menggunakan shape tool, dan bagaimana cara melakukan perubahan isi teks. Itu semua adalah pembahasan untuk teks yang bertipe Artistic Text.

Sekarang silahkan kembali ke penjelasan selanjutnya mengenai penggunaan teks dasar atau langsung saja menuju ke tutorial selanjutnya mengenai Paragraph Text.

Selamat belajar, semoga bermanfaat dan menginspirasi anda

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment