Tutorial CorelDraw - Grouping & Ungrouping Object (Hari Ke-9)

Simak penjelasan mengenai Grouping dan Ungrouping Object pada CorelDraw di sini.

Grouping dan Ungrouping dalam bahasa indonesia berarti pengelompokkan dan memecahkan kelompok. Fungsi ini hampir ada di semua aplikasi komputer, baik itu aplikasi grafis seperti CorelDraw, Adobe Photoshop, Illustrator, hingga aplikasi Office juga memiliki yang namanya Grouping dan Ungrouping.


Mari kita bahas satu persatu mengenai penggunaan, fungsi, dan manfaat dari Grouping dan Ungrouping. Pastikan tetap membaca sampai akhir ya.

Memahami Grouping
Grouping artinya pengelompokkan. Mengelompokkan objek berdasarkan kesamaan bentuk, fungsi, dan lainnya. Meskipun objek tidak memiliki kesamaan, terkadang Grouping juga digunakan untuk memudahkan dalam proses transisi dan perubahan ukuran dari objek yang ingin diubah secara bersamaan.

Kita praktekkan pada beberapa objek yang dijadikan contoh berikut.



Ada 3 buah lingkaran dan 4 buah persegi. Masing-masing dari objek tersebut tidak terkait satu sama lain. Di sini kita ingin agar objek lingkaran diwarnai menjadi merah pada bagian Fill-nya. Sedangkan Persegi akan diwarnai dengan warna hijau.





Tentunya kita melakukannya dengan klik satu persatu lalu pilih warna atau klik dulu objek sambil menekan tombol shift agar tetap terseleksi secara multiple lalu pilih warna.

Suatu waktu, mungkin anda ingin mengubah warna persegi menjadi biru semuanya. Maka anda akan mengulangi hal tadi, klik satu persatu lalu pilih warna. Tentunya ini menguras waktu dan tenaga.

Di sinilah salah satu kegunaan Grouping. Grouping menjadikan proses perubahan property dari beberapa objek secara menyeluruh.

Bagaimana melakukan Grouping?

Klik pada objek sambil menekan tombol SHIFT agar terseleksi secara multiple




Lanjutkan dengan klik kanan, pilih Grouping. Atau melalui Shortcut CTRL + G.



Sehingga akan terlihat bahwa objek tersebut sudah dimasukkan kedalam sebuah group.


Nah, jika anda ingin mengganti warna persegi yang hijau tersebut menjadi warna lain, anda hanya perlu melakukan satu kali klik. Maka kesemua objek yang ada pada Group tersebut akan berubah warna.



Saat anda melakukan translasi, perpindahan objek. Anda cukup klik, lalu drag ke mana tujuan perpindahannya. Secara mudah, semua objek yang tergabung dalam group tersebut akan berpindah.





Begitupula dengan perubahan ukuran. Jika kesemua objek ingin diperbesar secara bersamaan, anda tinggal klik, lalu arahkan kemana pembesaran objek akan dilakukan.



Ungrouping

Kebalikan dari Grouping, Ungrouping adalah fungsi untuk tidak menjadikan objek yang tadinya dalam satu group kembali terpisah masing-masing objek. 

Penggunaannya cukup mudah, klik objek yang masih dalam kondisi Grouping. Lalu klik kanan, dan pilih UnGroup. Atau melalui Shortcut CTRL + U. 




Hasilnya, objek akan terpisah dari group. Perhatikan pada menu klik kanan di bawah Ungroup. Ada menu Ungroup All. Ungroup All berfungsi untuk memisahkan semua objek yang tergabung dalam group apabila di dalam group tersebut terdapat group kembali. Secara bahasa, namanya adalah Group di dalam Group. Maka semua objek akan terpisah semuanya. 

Ok, sekian dulu tutorial kali ini mengenai Grouping dan Ungrouping. Nantikan tutorial selanjutnya ya, Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment