Tutorial CorelDraw - Paragraph Text

Simak lanjutan pembahasan penggunaan teks mengenai Paragraph teks berikut ini.



Sekarang saatnya ke bagian pembahasan Paragraph Text. Tentunya anda tahu perbedaannya. Jika Pada desain sebuah halaman buku atau majalah akan kita dapati keduanya. Pada judul adalah Artistic Text dan pada bagian isi buku adalah paragraph text, mudah saja.







Cara untuk membuat sebuah paragraph text sama saja dengan artistic text. Tool yang dipilih juga adalah Text Tool (F8). Namun bedanya adalah pada saat melakukan klik pada lembar kerja. Jika anda melakukan klik saja, maka yang terbentuk adalah Artistic Tool. Sedangkan jika ingin memunculkan paragraph text editor maka lakukan klik dan drag lalu sesuaikan ukuran besarnya paragraph text yang akan anda buat. 

Akan muncul garis biru putus-putus (Dash Line) seperti di atas, lalu lepaskan. Dan tambahkan teks sesuai keinginan anda. 


Anda bisa mengubah ukuran besaranya paragraph dengan cara klik pada setiap sudut lalu drag ke arah untuk memperbesar atau memperkecil area paragraf.






Saya kira cukup itu saja mengenai pembahasan Paragraf teks, karena selain perbedaan itu, untuk bagian properti saya kira sama saja dengan artistic text. 

Oiya, mengenai properties untuk teks, bisa diakses melalui Object Properties yang terdapat pada bagian kanan Window CorelDraw anda. Bila tidak muncul, silahkan diakses melalui menu Window > Docker> Properties.


Maka akan terlihat tab properties ini.


Di situ anda bisa mengubah segala properties dari teks, mulai dari font, ukuran, warna, format, dan lain sebagainya.

Sekarang silahkan kembali ke penjelasan selanjutnya mengenai penggunaan teks dasar atau langsung saja menuju ke tutorial selanjutnya mengenai Konversi Teks.

Selamat belajar, semoga bermanfaat dan menginspirasi anda

Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment