Tutorial CorelDraw - Undo, Redo, & Repeat (Hari Ke-10)

Baca tutorial lengkap tentang penggunaan Undo, Redo, dan Repeat di postingan ini.

Bertemu lagi dalam tutorial CorelDraw hari ke-10 dalam rangkaian tutorial lengkap 21 Hari belajar CorelDraw. Kali ini kita akan membahas tentang penggunaan Undo, Redo, dan Repeat pada CorelDraw.


Pembahasan ini akan lumayan singkat, karena kita akan membahasnya secara ringkas, namun tetap terarah. Ok, langsung saja kita mulai dari Undo.

Undo

Jika ada fungsi dari sebuah aplikasi yang paling diingat oleh User, itu adalah Undo. Shortcutnya yang fenomenal yaitu CTRL + Z adalah shortcut yang paling banyak diketahui oleh semua orang. Ya, Undo adalah sebuah fungsi yang dipakai untuk mengoreksi kesalahan. Kembali pada kondisi sebelumnya. Ini sangat membantu karena kita manusia adalah makhluk yang tidak bisa terhindar dari salah dan lupa :D .

Perintah Undo terdapat pada menu Edit. Begitupula dengan perintah Redo dan Repeat.



Mari kita coba praktek. Buat sebuah objek pada lembar kerja CorelDraw anda.



Setelah objek tersebut anda buat, perhatikan kembali perintah Undo pada menu Edit. Akan terlihat pada kata Undo diikuti dengan apa yang anda buat barusan. Anda membuat objek, sehingga Create yang artinya membuat ditambahkan pada bagian kata Undo menjadi Undo Create. Ini memudahkan kita untuk mengingat pekerjaan terakhir kita. Sehingga kita tidak salah dalam melakukan Undo.


Bila ingin lebih jelas lagi, coba buat sebuah perintah lain pada objek, misalkan memperbesar ukuran atau memindahkan objek tersebut.


Lihat, pada kata Undo sekarang. telah diikuti Stretch yaitu perintah memperbesar ukuran secara proporsional.

Jadi, jika anda melakukan klik pada pilihan tersebut, maka objek akan kembali ke bentuk semula.

Redo

Bila Undo berasal dari kata Do yang ditambahin Un sehingga artinya menjadi tidak melakukan atau jangan lakukan, Maka Redo berarti lakukan kembali karena Re biasanya berarti ulangi. Jadi, pilihan perintah Redo akan aktif jika anda sudah pernah melakukan Undo. 

Pada contoh sebelumnya, saat anda membuat objek. Menu Redo tidak aktif. Begitupun saat melakukan perubahan ukuran. 



Namun ketika anda telah melakukan Undo, misalkan kembali ke sebelumnya, maka menu Redo akan aktif dengan diikuti kata perintah yang sebelumnya kita batalkan.

 

Saya kira penjelasannya cukup jelas. Kita lanjut ke Repeat.

Repeat

Dalam arti kata, Repeat adalah pengulangan. Pengulangan di sini adalah mengulang perintah terakhir dari apa yang telah kamu kerjakan pada objek. Namun hal ini tidak berlaku pada awal pembuatan objek. Lebih jelasnya, repeat mengulang perintah terhadap objek. 

Misalkan ada beberapa buah objek, yang satu anda pindahkan 5 cm ke arah kanan, dan objek satu lagi juga ingin anda pindahkan 5 cm ke arah kanan. Maka anda cukup melakukan Repeat pada objek lainnya. Tak hanya memindahkan objek, hal ini juga berlaku pada perintah-perintah lainnya. 

Mari lihat contoh berikut ini. 

Anda membuat sebuah persegi panjang seperti ini. 


Lalu anda melakukan putaran 15 derajat dan menduplikasikannya. 



Untuk bagaimana cara melakukan pemutaran sambil menduplikasikan, anda bisa baca di sini

Nah, bila selanjutnya anda ingin melakukan hal tersebut kembali, anda cukup klik menu edit Repeat atau bisa langsung menggunakan Shortcut key CTRL R. 


Pada keterangan menu Repeat, tertera kata Duplicate, itu artinya perintah terakhir adalah menggandakan. Sedangkan dalam penggandaan tersebut terdapat nilai putaran 15 derajat, sehingga, hasil akhir dari apa yang kita buat barusan akan seperti ini. 


Nah, bagaimana? sudah lumayan jelas kan. Mengenai Undo, Redo, dan Repeat?

Sampai di sini dulu penjelasan tentang pelajaran kali ini, ke depan akan kita bahas materi Outline dan Fill yang menjadi pembahasan kita di hari ke-11. So, tetap belajar dan terus stay tuned di blog ini ya. 
Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 


Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment