Tutorial Photoshop - Menggunakan Eyedropper Tool & Color Sampler (Hari Ke-9)

Pelajari penggunaan Eyedropper Tool dan Color Sampler di sini.

Berjumpa lagi pada tutorial lanjutan Adobe Photoshop dalam rangkaian 21 Hari belajar Adobe Photoshop. Kali ini kita akan membahas dua buah Tool yang sering digunakan oleh para Photoshopper dan Photographer. Untuk memaksimalkan pemilihan warna yang sesuai agar hasil kombinasi sebuah karya foto atau gambar lebih tepat sasaran. 



Oke, langsung aja kita masuk ke dalam pembahasan. Dua buah Tool yang akan kita bahas kali ini adalah Eyedropper Tool dan Color Sampler Tool. Kedua Tool ini berfungsi mengambil warna yang ada pada lembar kerja. Apa saja kegunaan dan bagaimana cara menggunakan tool ini? Mari simak lebih jelasnya di bawah ini.

Eyedropper Tool

Menggunakan Eyedropper sangatlah sederhana. Metode penggunaannya adalah seperti menggunakan alat tetes mata, celupkan pada air, lalu ambil air tersebut. Mungkin oleh karena itu, tool ini diberi nama Eyedropper.

Siapkan sebuah gambar pada lembar kerja photoshop. Lalu pilih menu Eyedropper Tool pada Toolbox. Atau bisa melalui shortcut I pada Keyboard.



Arahkan kursor anda ke bagian gambar yang ingin anda ambil warnanya.



Lalu klik kiri, maka pada foreground color, warna sudah berubah sesuai dengan warna yang kita pilih menggunakan eyedropper tool.



Jadi, kesimpulannya adalah daerah apapun pada lembar kerja yang anda klik pada saat menggunakan Eyedropper Tool, maka warna pada Foreground Color akan ikut berubah.

Jika anda ingin mengubah warna background color, pada saat memilih warna menggunakan Eyedropper Tool, tekan ALT secara bersamaan.


Kemudian jika anda ingin pemilihan warna menggunakan Eyedropper Tool semakin akurat, ada dua hal yang bisa anda lakukan. Yang pertama adalah menjadikan kursor bertanda eyedropper menjadi seperti sasaran tembak. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Caranya mudah, anda cukup mengaktifkan mode Capslock keyboard anda. Bagaimana? lebih akurat kan.

Yang kedua adalah menampilkan Sample Ring. Sample Ring adalah alat bantu agar pemilihan warna menjadi lebih  mudah. Caranya, centang pada menu bar ketika Eyedropper Tool sedang terpilih.


Lalu, coba anda arahkan ke lembar kerja, kemudian klik dan tahan. Jangan dilepaskan terlebih dahulu klik kiri anda, jika anda lepaskan, maka pilihan dianggap sudah selesai. Klik kiri, tahan, dan arahkan kemana yang anda suka.



Color Sampler

Color sampler sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Eyedropper Tool dari segi fungsinya. Tool ini terdapat di bawah Eyedropper Tool. Tahan pada segitiga hitam di bagian Eyedropper Tool, maka akan muncul pilihan Tool lainnya yang sejenis.



Kelebihannya adalah, kita bisa membandingkan nilai dari warna yang kita pilih. Color Sampler mengizinkan kita untuk memilih maksimal 4 buah warna. Ketika selesai memilih, maka akan ditunjukkan nilai-nilai dari warna tersebut melalui panel Info.




Itulah penjelasan singkat mengenai kegunaan dari Eyedropper Tool dan Color Sampler Tool serta bagaimana cara penggunaannya. Untuk penjelasan lebih lanjut akan kita bahas pada pertemuan lainnya. Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya, selamat belajar, semoga bermanfaat.



Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment