Tutorial Photoshop - Shadows, Midtones, dan Highlights (Hari Ke-12)

Ikuti pembahasan mengenai Shadows, Midtones, dan Highlights di artikel ini.


Penting bagi kita untuk mengetahui tentang hal ini. Bagi pengguna Photoshop tentunya akan sering berjumpa dengan Foto. Ya fotografi sangat dekat dengan photoshop. Dan sebuah foto memiliki 3 elemen tersebut yaitu Shadow, Midtones, dan Highlight.


Kita mulai pembahasan kita dengan definisi masing-masing elemen tersebut.

Shadows

Shadows dalam arti kata bahasa Indonesia berarti bayangan. Tak hanya bayangan dari benda atau objek yang ada pada foto, Shadows yang dimaksud pada fotografi juga termasuk area tergelap dari foto tersebut, tak mesti bayangan. Terlalu banyak Shadows mengakibatkan foto tersebut dikatakan foto yang gelap. 

Midtones

Bagaimana dengan Midtones? Bila diartikan perkata, Midtones artinya nada tengah. Kedengaraan tidak berhubungan dengan gambar. Namun Midtones di sini berarti intensitas warna yang berada di tengah-tengah. Misalkan warna Hitam dan Putih, Midtones dari kedua warna tersebut adalah Abu-abu. Dan begitu juga pada warna-warna lainnya. 

Highlights

Highlights pada fotografi adalah bagian foto yang paling banyak terkena cahaya. Bagian tersebut langsung terkena oleh sumber cahaya. Bila sebuah foto terlalu banyak memiliki highlights, biasanya disebut Overexposed. 

Sebuah foto yang memiliki Shadows, Midtones, dan Highlight dengan kadar yang seimbang akan membuat sebuah foto menjadi dramatis karena memiliki perbedaan warna yang bagus.

Nah, sekarang bagaimana caranya mengetahui ketiga elemen tersebut dari sebuah foto? Mari kita simak penjelasan dengan gambar di bawah ini. Silahkan buka Aplikasi Photoshop anda beserta sebuah foto yang telah anda pilih. 


Saya menggunakan foto sebuah apel yang saya ambil dari lifeonthevside.blogspot.com

Oke, hal pertama yang anda lakukan adalah memilih menu Select > Color Range. 


Hal pertama yang akan kita lihat adalah bagian tergelap dari foto tersebut, jadi pilih Shadows pada pilihan Select. 


Maka foto akan terseleksi area yang dianggap memiliki area gelap pada foto oleh Photoshop. 


Lakukan Copy Paste, 



Maka pada layer akan muncul layer baru hasil Copy bagian shadows foto yang terseleksi barusan. 


Bisa kita lihat dengan menonaktifkan layer Background, klik pada icon mata pada layer Background. 


Lakukan hal serupa untuk Midtones dan Highlights seperti langkah yang telah kita lakukan barusan. 



Dari langkah-langkah yang telah kita lakukan menghasilkan 3 buah elemen tersebut pada tiap layer. 


Highlights

Midtones

Shadows

Sekilas kita tahu bahwa foto tersebut kurang seimbang, karena Midtones pada foto tersebut lebih banyak dari shadows dan highlights. Ini menurut saya ya, bila salah mohon dikoreksi karena saya kurang paham ilmu fotografi. 

Yang ingin kita bahas adalah bagaimana bila kita ingin menyesuaikan intensitas cahaya tersebut? 

Nah, di sinilah peran Photoshop. Memang, tak hanya photoshop, semua aplikasi pengolah atau editor foto pasti memiliki pengaturan tentang ketiga elemen ini. Karena ini adalah Tutorial Photoshop, maka kita akan membahas bagaimana caranya menyesuaikan hal tersebut. 

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk mengatur hal tersebut. Salah satunya adalah Brightness & Contrass. Kegunaannya sudah jelas, bahwa Brightness & Contrass berfungsi mengatur kecerahan dan kontras dari sebuah gambar. 

Anda bisa menggunakannya melalui menu Image > Adjustment > Brightness/Contrass.


Anda bisa mengatur kedua hal tersebut melalui dialog box yang muncul. Penggunaannya sangat mudah, cukup menggeser slider yang ada pada kedua menu tersebut. 



Selain itu ada juga menu-menu lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatur intensitas cahaya agar shadows, midtones dan highlights yang sesuai dengan keinginan bisa didapatkan. 

Terakhir, untuk bisa memonitor tentang ketiga hal tersebut tanpa harus select color range, anda bisa melihatnya melalui Histogram. Apa itu Histogram? Bisa dibilang bahwa histogram adalah sebuah grafik yang menunjukkan naik turunnya ketiga elemen cahaya tersebut. 

Anda bisa memunculkannya melalui Menu Window > Histogram. 



Masalahnya sekarang, bagaimana memahami grafik tersebut? 

Grafik histogram terbagi 3 area, kiri, tengah dan kanan. Jika Grafik terlihat tinggi di bagian kiri, maka foto tersebut memiliki shadow yang banyak, tengah untuk Midtones, dan kanan untuk Highlights. 

Lihat perbedaannya berikut ini. 



Begitulah cara membaca grafik pada histogram.

Ok, untuk saat ini cukup sekian dulu tutorial mengenai 3 elemen cahaya pada sebuah foto yaitu Shadow, Midtones, dan Highlights. Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Selamat belajar dan semoga menginspirasi anda. 


Subscribe for latest Article and Tutorial


0 komentar:

Post a Comment